Brilio.net - Seberapa sering kamu nonton film Finding Nemo? Film ini sering sekali muncul dalam layar televisi saat musim liburan. Tidak hanya ceritanya saja yang menarik, pesan dari film ini juga sangat cocok dengan kehidupan kita.

Daripada terlalu banyak nonton film ikan ini, lebih baik sekarang lihat-lihat akuarium ikan yang beneran saja. Kegiatan yang satu ini memang sepele, akan tetapi banyak manfaat yang luar biasa.

Sebuah riset yang dilakukan oleh ahli dari Plymouth University dan University of Exeter membuktikan bahwa memandangi akuarium memiliki efek positif baik secara fisik maupun psikologis sebagaimana dikutip oleh brilio.net dari jurnal Environtment & Behavior, Jumat (31/7).

Hasil dari penelitian tersebut mengungkapkan bahwa melihat akuarium bisa menurunkan tekanan darah dan juga detak jantung. Sangat bagus bukan? Selain itu, aktivitas ini juga membantu memperbaiki mood serta meningkatkan konsentrasi. Jadi, kalau kamu susah fokus dan gampang moody, kamu bisa mempraktikkan hal ini.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, taruhlah beberapa jenis ikan yang berbeda dalam akuarium. Kamu bisa memilih ikan yang lucu dan warna-warni kemudian taruh di meja kerjamu. Dijamin stres bisa semakin turun setiap harinya.

Sang peneliti, Deborah Cracknell mengungkap bahwa cara ini juga bisa dilakukan untuk menenangkan pasien yang akan dioperasi atau sedang menjalani perawatan gigi. Hasil penelitian ini merupakan solusi yang pas agar tetap tenang dan rileks di tengah kesibukan masyarakat urban.

Jadi, apakah kamu tertarik untuk memelihara akuarium di dalam rumah?