Katanya sih, orang yang pakai kacamata itu pinter. Itu berarti dia suka dan waktu luangnya pasti dihabiskan dengan membaca. Dan karena pandangan inilah, beberapa orang yang bahkan nggak punya masalah dengan matanya, ikut-ikutan menggunakan kacamata.

Padahal hobi membaca ternyata nggak selalu bikin masalah pada mata, lho. Seseorang mengalami rabun jauh atau miopi karena sejak kecil kurang melakukan aktivitas di luar ruangan.

Fakta terbaru bahkan cukup mengejutkan, 80 persen dari anak-anak di Tiongkok menderita rabun jauh. Bahkan di Inggris, sebanyak lebih dari 40 persen warganya menderita miopi. Jumlah ini bahkan bisa meningkat seiring berjalannya waktu.

Untuk mencari tahu apa sebenarnya yang menyebabkan gangguan mata, para peneliti dari Beijing Institute of Ophthalmology, bersama Rumah Sakit Being Tongren, melakukan penelitian dengan mengujicobakan ruang belajar yang terbuat dari kotak kaca supaya anak-anak bisa merasakan sensasi seperti belajar di luar ruangan, seperti dikutip brilio.net dari Telegraph, Selasa (23/6).

Lalu apa hasilnya? Cara belajar seperti ini diklaim bisa mengurangi risiko terkena miopi sampai dengan 23 persen. Artinya jika seseorang sering beraktivitas di luar ruangan, dengan rentang waktu yang cukup, ternyata bisa terhindar dari penyakit yang hanya bisa diatasi dengan penggunaan kacamata ini.