Brilio.net - Jalam Trunojoyo di Kota Bandung, Jawa Barat begitu terkenal dengan deretan distro-distro pakaian dan tempat anak-anak muda gaul berkumpul. Tak mau kalah dengan Kota Bandung, sesama kota destinasi wisata, Jogja juga punya pusat distro dan kongkow anak muda gaul. Di mana?

Jika kamu ingin merasakan nunsa Jalan Trunojoyo tapi ala Jogja, kamu bisa datang ke Jalan Cendrawasih, Demangan Baru. Jalan Cendrawasih terletak di timur kampus Universitas Negeri Yogyakarta, tepat di depan Radio Republik Indonesia (RRI) Yogyakarta. Di jalan sepanjang kurang lebih satu kilometer itu berjejer berbagai macam distro. Di sana lah jiwa belanjamu dimanjakan berbagai brand pakaian lokal Yogyakarta, maupun yang sudah terkenal di Indonesia.

Nikmati suasana Jalan Trunojoyo Bandung ala Jogja di Jalan Cendrawasih

Menurut Adi, Head Store Distro 308, pertama kali yang membuka distro adalah Mailbox. "Itu mulai Mailbox sekitar tahun 2008, selanjutnya ada Starcross dan kami sendiri. Ke sininya sudah banyak yang buka toko sejenis di sini karena memang sudah terkenal di jalan in banyak distro," jelasnya, Jumat (29/5).

Adi mengungkapkan adanya persaingan antar distro namun bukan sebuah persaingan yang perlu dikhawatirkan. "Ya walaupun ada persaingan dengan distro-distro lain, di sini persaingannya pun sehat. Lagian setiap brand sudah punya penggemar-penggemarnya masing-masing," lanjutnya.

Nikmati suasana Jalan Trunojoyo Bandung ala Jogja di Jalan Cendrawasih

Selain banyak distro-distro, di Jalan Cendrawasih ini juga terdapat berbagai tempat nongkrong untuk makan dan minum, selain itu juga ada salon yang bergaya muda. Tapi meski begitu lengkap, ternyata sangat minim campur tangan pemerintah dalam mendorong kemajuan daerah tersebut. "Sebenarnya agak iri juga dengan Bandung, di sini promosi dilakukan brand sendiri, tidak ada bantuan dari pemerintah setempat," tutup Adi.