Brilio.net - Kopi selama ini terkenal karena kandungan kafeinnya yang bikin kita dapat tetap terjaga. Apalagi kalau kita memiliki pekerjaan yang mengharuskannya untuk mengerjakan sampai larut malam. Wah, kopi kamu pasti bisa sampai bergelas-gelas, kan? Ngaku deh!

Tapi nggak melulu bikin melek, kopi juga ternyata mengandung antioksidan yang tinggi, lho. Bahkan lebih tinggi daripada yang terkandung dalam buah-buahan. Antioksidan pada kopi juga nggak cuma bermanfaat untuk melindungi tubuh dari radikal bebas, tapi juga sangat berguna untuk bikin kamu tambah cantik.

Berikut ini beberapa manfaat kopi untuk kecantikan, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (11/4):

1. Mengangkat sel kulit mati

Kopi memiliki manfaat yang sangat baik untuk kulit. Nggak jarang, di berbagai salon perawatan, kopi banyak digunakan sebagai bahan dalam massage. Kandungan kafein yang terkandung di dalam kopi dipercaya dapat mengangkat sel kulit mati, memperbaiki jaringan kulit yang meradang, sehingga kulit bisa kembali lembut dan kencang.

Loading...

2. Mencerahkan wajah kamu

Kopi juga bisa digunakan sebagai scrub untuk bikin kulit wajah yang cerah, lho. Asam yang terkandung di dalam kopi inilah oknum di balik kulit kinclongmu. Menurut Hunter, seorang dermatolog dari Beverly Hills, asam dalam kopi ini bisa membantu pengelupasan sel kulit mati dan meningkatkan perlindungan pada kulit.

3. Mencegah kanker kulit

Berdasarkan studi yang dimuat dalam Prosiding National Academy of Sciences, kopi bisa membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari berlebih. Kopi juga punya manfaat untuk mengurangi luka bakar, lho. Kafein dalam kopi juga membantu melindungi kulit dari berbagai macam jenis kanker kulit.

4. Mengilapkan warna rambut

Biar rambutmu terlihat bersinar, kamu boleh lho mencoba untuk menggunakan espresso. Caranya juga gampang banget, kamu tinggal membuat pasta dari bubuk kopi lalu mengolesinya pada rambut yang sudah dibasahi terlebih dulu. Kenapa bisa begitu? Karena asam yang ada dalam kopi bisa memperlancar kutikula rambut, mengunci kelembaban dan memberikan efek bersinar pada rambut kamu. Mesti coba nih!

5. Menghilangkan kantung mata

Mata yang sembab bikin kita jadi nggak kece. Biasanya sih karena kamu kurang tidur, makanya muncul deh lingkaran hitam di bawah mata. Kamu bisa gunakan kopi untuk menghilangkan mata sembab. Caranya dengan mengoleskan ampas kopi di daerah sembab itu dan mendiamkannya sekitar 30 menit, voillaa! Kantung mata hilang, kamu jadi bisa eksis lagi deh.

6. Menormalkan indra penciuman

Kalau kamu pergi ke toko parfum, pasti sering melihat biji kopi ditaruh di atas meja. Bukan karena iseng, tapi aromanya bisa menetralkan penciuman. jadi kalau kamu lagi nyoba parfum, kamu mesti menghirup aroma biji kopi dulu sebelum beralih ke parfum yang lain supaya nggak terdistraksi dengan bau parfum sebelumnya.