Brilio.net - Sering nggak dibuatkan semangkuk sup atau segelas susu hangat saat terserang batuk pilek oleh Ibu? Ternyata, tradisi ini faktanya bagus lho buat kamu yang lagi menderita batuk pilek.

Batuk pilek adalah penyakit yang paling sering menimpa kita, terutama saat cuaca kurang bersahabat, yaitu saat musim dingin atau musim hujan. Memang sih, batuk pilek adalah penyakit yang ringan tetapi bukan berarti untuk disepelekan ya. Selain bisa menular dengan cepat, batuk pilek juga pertanda kalau daya tahan tubuh kamu lagi menurun.

Menurut sebuah penelitian,

http://www.ncbi.nlm.nih.gov/m/pubmed/0000359266/#fft konsumsi minuman hangat dan sup ayam saat sedang batuk pilek dapat membantu meningkatkan aliran lendir pada rongga hidung. Hal ini diyakini bermanfaat dalam menghambat perkembangan virus penyebab pilek di rongga hidung.

Uap dari sup juga diyakini bisa melegakan hidung yang tersumbat oleh lendir pernapasan saat kamu terserang flu. Selain itu, komposisi air pada sup dapat diserap tubuh untuk membantu mengencerkan lendir sehingga mudah dikeluarkan. Kandungan gizi pada ayam juga memiliki efek anti inflamasi pada tubuh yang membantu mengurangi pembengkakan yang terjadi pada saluran hidung dan sinus.

Loading...

Nggak hanya itu, dalam penelitian yang berbeda

http://www.ncbi.nlm.nih.gov/m/pubmed/19145994/ mengungkapkan bahwa minuman hangat tidak berpengaruh pada pengukuran yang objektif dari aliran udara dalam hidung tapi itu menyebabkan peningkatan signifikan dalam tindakan subjektif dari aliran udara dalam hidung. Minuman hangat yang disediakan memberikan perasaan lega yang biasa timbul seperti hidung tersumbat, batuk, bersin, rasa gatal pada tenggorokan, kedinginan, dan rasa lelah.