Brilio.net - Keringat merupakan bagian dari proses metabolisme tubuh. Bagaimanapun, kamu tidak bisa menghentikan produksi keringat. Memang faktanya keringat bisa membuat kamu merasa terganggu karena baunya yang tajam. Selain itu, produksi keringat yang berlebihan juga bisa membuat kamu tidak terlalu percaya diri. Tetapi, di balik karakter keringat yang tidak kamu sukai, ternyata keringat menimbun manfaat yang luar biasa bagi tubuh.

Dikutip brilio.net dari Fitness Magazine, Selasa (12/5), keringat sangat bagus untuk kesehatan kamu, seperti berikut ini:

1. Sebagai painkiller yang alami

Keringat ternyata bisa mengurangi rasa sakit pada tubuh kamu. Berdasarkan pemaparan seorang ahli kesehatan bernama James Ting, keringat merupakan pereda rasa sakit yang alami. Ketika kamu berkeringat karena berolahraga, otak kamu akan memproduksi hormon endorphins. Hormon itulah yang bisa mengurangi rasa sakit sekaligus membuat kamu merasa bahagia.

2. Penghilang jerawat

Loading...

Manfaat keringat yang luar biasa adalah sebagai pencuci muka kamu. Keringat mampu membersihkan kotoran pada wajah kamu. Selain itu, keringat juga sangat bagus bagi muka yang berjerawat. Seorang ahli dermatologi, Whitney Bowe mengatakan bahwa ketika kamu berkeringat, pori-pori wajah akan melebar dan kotoran akan keluar dari wajah kamu.

3. Keringat sebagai detoks

Beberapa ahli percaya bahwa keringat bisa menurunkan kolesterol dan zat garam pada tubuh. Hal ini bisa disebut sebagai detoks. Jadi, jika kamu ingin membersihkan racun di dalam tubuh, kamu perlu memproduksi keringat yang banyak dengan cara berolahraga secara teratur.

4. Stabilkan mood

Dengan berkeringat, kamu akan merasakan perasaan hangat dan rileks. Dalam keadaan tersebut otak bertanggung jawab mengontrol suasana hati. Itulah mengapa keringat mampu membuat mood kamu tetap stabil.

5. Cegah demam dan infeksi

Riset yang dilakukan oleh akademisi dari Eberhard Karls University Tubingen, Jerman, mengungkap bahwa keringat manusia mengandung zat antimikroba alami yang disebut dengan dermcidin. Zat inilah yang mampu melawan kuman dan penyakit lainnya dari infeksi.

6. Pengatur suhu tubuh

Keringat berfungsi mendinginkan tubuh kamu ketika suhu dalam tubuh kamu mulai panas. Jika produksi keringat terhambat saat tubuh sudah mulai memanas, tubuh kamu bisa mengalami sebuah gangguan. Dalam kondisi ekstrem, kamu bisa mengalami kehilangan kesadaran atau pingsan.

7. Mencegah batu ginjal

Orang yang sering berkeringat mampu mengeluarkan garam dari tubuh mereka. Selain itu, mereka juga bisa mempertahankan kalsium pada tulangnya. Jika kalsium dan garam bertemu di ginjal, maka risiko terkena batu ginjal. Pendapat ini bersumber dari sebuah penelitan asal Universitas Washington. Jadi, dengan berkeringat kamu bisa mengurangi penyakit ini.