Brilio.net - Semua manusia pasti butuh oksigen untuk bernapas supaya bisa tetap bertahan hidup. Oksigen juga memegang peranan penting selain untuk bernapas, manusia bisa memiliki energi untuk melakukan aktivitasnya. Bayangin dong, gimana jadinya kalau bumi ini nggak ada oksigen? Bisa-bisa manusia punah dong! Hiii...

Semua manusia memang membutuhkan oksigen, tapi penelitian baru-baru ini mengungkapkan fakta mengejutkan bahwa bernapas dengan menghirup okgen ternyata bisa menyebabkan kanker paru-paru. Waduh! Kok kayaknya nggak logis ya?

Dikutip brilio.net dari Daily Mail, Selasa (11/5), Kamen Simeonov dari University of Pennsylvania melakukan penelitian ini bersama dengan Daniel Himmelstein dari University of California di San Fransisco. Penelitian ini dilakukan dengan membandingkan data responden dari 250 kabupaten di bagian barat Amerika dengan berbagai tingkat ketinggian wilayahnya.

Hasilnya, responden yang tinggal di dataran rendah berpotensi lebih besar untuk mengidap kanker paru-paru. Namun semakin tinggi daratan yang ditinggali dengan kenaikan setiap sebesar seribu meter atau 3.281 ribu kaki, maka akan terjadi penurunan kasus kanker paru-paru sebanyak 723 kasus per 100.000 orang.

Walaupun oksigen penting untuk kehidupan, ternyata cara manusia memproses oksigen dalam tubuhnya justru berpotensi sebagai karsinogenik. Hal ini disebabkan karena sifat oksigen yang reaktif. Ketika sel-sel dalam tubuh menggunakan atom oksigen untuk memanfaatkan energi yang tersimpan dalam makanan, oksigen akan memproduksi produk sampingan alami yang biasa disebut radikal bebas. Radikal bebas inilah yang dapat menyebabkan struktur sel dan DNA yang dapat memicu kanker.

Loading...

Untuk itu disarankan untuk memilik lokasi tempat tinggal pada daerah dengan dataran yang lebih tinggi. karena semakin tinggi daerah tempat tinggal, maka oksigen yang dihirup masih alami, belum tercemar polusi. Begitu kata penelitian mereka.

Menurut kamu, penelitian mereka masuk akal nggak?