Brilio.net - Setelah seharian beraktivitas, sibuk dengan berbagai macam kegiatan di luar rumah, beristirahat menjadi cara memulihkan tenaga. Nah, biar cepat tidur, banyak orang sering mendengarkan musik atau menonton TV untuk mengundang kantuk. Mungkin kamu juga pasti sering begitu kan?

Tapi tahukah kamu bahwa kebiasaan mendengarkan musik atau menonton TV sebelum tidur ini sebaiknya dihindari. Sebab, kebiasaan ini bisa bikin kamu terbangun dengan keadaan yang tegang, bahkan kamu mungkin akan merasa seperti tidak tidur semalaman. Kok bisa?

Seperti dikutip brilio.net dari Drfranklipman.com, Kamis (30/4), pada saat tidur, sebenarnya otak kita nggak ikut tertidur. Otak kita selalu beraktivitas menjalankan sistem metabolisme setiap saat.

Pada malam hari, biasanya aktivitas tubuh kita akan menurun, sehingga ritme gelombang otak pun mengalami penurunan. Kalau kamu tidur sambil mendengarkan musik atau televisi, maka gelombang suara dan cahaya yang dipancarkan oleh barang elektronik tersebut tetap akan diterima oleh indera pendengaran maupun penglihatan kita. Bahkan gelombang cahaya itu tetap dapat menembus kelopak mata dan diterima oleh retina dan lensanya.

Selanjutnya gelombang tersebut akan diteruskan ke otak. Bayangkan, otak yang seharusnya beristirahat, akan kembali terangsang untuk bekerja mengolah informasi yang masuk. Kalau berlangsung semalaman, berarti kamu hanya tidur menurut tubuh luarmu saja, dan bukan menurut otak.

Itulah makanya ketika kamu bangun, kamu akan sering mendapatkan dirimu dalam keadaan tegang dan masih mengantuk. Apalagi setelah bangun kamu juga punya setumpuk pekerjaan yang mesti kamu lakukan. Kalau sudah begitu, siap-siap saja menguap sepanjang hari.