Brilio.net - Kamu suka menari? Setuju nggak kalau ada yang bilang menari bukan sekadar hobi atau passion, melainkan gaya hidup?

Ya, menari juga bisa menjadi gaya hidup, dalam hal ini dikaitkan dengan olah tubuh demi kesehatan, baik fisik maupun mental (psikologis). Secara fisik, jelas menari bisa melatih kelenturan tubuhmu. Lalu mental, bagaimana bisa?

Ternyata, selain manfaat kreativitas, tari merupakan aktivitas yang bisa meringankan stres dan mendatangkan kebahagiaan, lho.

Dilansir brilio.net dari laman Elite Daily, Sabtu (4/7), media Prevention menyatakan bahwa penelitian di Swedia meneliti perihal hubungan tari dan kondisi fisik dan psikologis. Penelitian ini melibatkan 112 remaja perempuan, dengan setengahnya terlibat dalam kelas tari setiap minggu, sementara separuh lainnya tidak mengikuti kelas tersebut. Selain itu, mereka semua mengalami sakit punggung dan leher, kecemasan, dan stres atau depresi.

Hasilnya menunjukkan para remaja yang memiliki rutinitas menari setiap minggu memiliki gairah dalam suasana hati mereka.

Loading...

Salah seorang penelitinya, Anna Dubert, mengumumkan dalam siaran pers, "... tari dapat menciptakan kepatuhan tinggi dan pengalaman positif bagi peserta."

Lebih lanjut, Prevention juga menyatakan tidak pernah terlalu terlambat untuk mendapatkan manfaat dari menari. Bahkan kamu tidak perlu menjadi seorang balerina profesional untuk memperoleh manfaatnya. Tapi bukan berarti kamu tidak boleh berlatih balet maupun tari yang lain.

Media lain seperti Psychology Today juga melaporkan bahwa menari bisa membuat kamu lebih bahagia daripada hanya sekadar nge-gym atau lari.

Dukungan lain juga disuguhkan studi lain di University of London, yang melibatkan pasien dengan gangguan kecemasan. Mereka semua akhirnya mendapatkan terapi antara lain: kelas olahraga, kelas modern dance, kelas matematika atau kelas musik. Dari semua itu, ternyata pasien kelas tari modern yang mampu mengurangi kecemasan secara signifikan.

Selain bermanfaat untuk psikologis atau mental, Vicki Baum, penulis "Love and Death in Bali" berdarah Austria-Amerika Serikat, menyatakan bahwa "There are shortcuts to happiness, and dancing is one of them", artinya adalah jalan pintas bahagia ya menari.

Nah, selain itu, menari juga bisa merangsang pikiran dan mempertajam keterampilan kognitif pada setiap usia. Menari bisa merangsang kegiatan otak yang berbeda pada saat yang sama, termasuk emosional, rasional, kinestetik, dan musik.

Hmmm ... manfaatnya bagus banget ya, guys. Mari menari, yuk!

BACA JUGA:

Sabun kecantikan ini terbuat dari lumpur kawah Dieng, mau coba?

VIDEO: Kecantikan bukan dari fisik saja

Tak bisa melihat sejak lahir, wanita ini maknai kecantikannya, bikin haru!

Susu kedelai simpan khasiat untuk kecantikan kulit

8 Standar unik kecantikan wanita di dunia

Rahasia kecantikan 7 bintang top Hollywood yang bikin kamu heran

Sering dandan bisa bikin cewek lebih cepat alami penuaan dini, duh!

Cara berpakaian ternyata bisa menentukan kecerdasan kamu, percaya?

Ladies, ini cara mencuci pakaian dalam yang benar

5 Kesalahan dalam berdandan yang sering dilakukan wanita