Brilio.net - Bersin merupakan gerakan yang refleks. Meskipun begitu, banyak orang yang mengalami bersin gara-gara menatap cahaya yang terang. Jika kamu pernah merasakan hal ini, kamu tidak sendirian. Ternyata fenomena ini juga dirasakan oleh orang zaman dahulu yang hidup pada saat peradaban Yunani. Tapi bagaimana hal ini bisa terjadi?

Topik penelitian tentang ini sebenarnya bukanlah hal yang baru. Kasus ini mulai diteliti pada tahun 1950an hingga terakhir pada tahun 2010, dikutip brilio.net dari BBC, Sabtu (27/6). Pada penelitian yang terakhir menyebutkan bahwa hal ini terjadi karena persoalan genetika.

Sang peneliti, Nicholas Eriksson mengadakan riset ini di bawah naungan perusahaan DNA testing center, 23andMe. Nicholas menggunakan 10.000 data dari pelanggan perusahaan tersebut untuk meneliti bagian genetika SNP. Bagian inilah yang dipercaya bisa menyebabkan bersin saat orang melihat cahaya terang seperti matahari.

Hasil temuan tersebut menyebutkan bahwa orang yang memiliki unsur rs10427255 atau rs11856995 pada unsur genetikanya bisa menyebabkan bersin saat melihat cahaya terang. Elemen tersebut dipercaya sebagai unsur biologis yang bisa menyebabkan fenomena bersin ini.

Meskipun begitu, ada jawaban lain terkait fenomena ini. Jawaban yang satu ini menghubungkan koneksi antara mata dan hidung yang saling terhubung dengan saraf dan tengkorak, atau yang sering disebut dengan parasympathetic generalisation.

Parasympathetic generalisation menyebabkan hidung aktif (bersin) ketika mata mendapatkan stimulus (cahaya terang). Saat cahaya terang menyebabkan pupil mata mengerut, secara tidak langsung hal ini memengaruhi selaput lendir untuk aktif. Proses itulah yang menyebabkan orang bersin ketika melihat cahaya yang terang.

HOT NEWS:

Telan landak 12,7 kg, ular Piton mati perutnya ketancep banyak duri

Kalau kamu senyum-senyum lihat 25 Gambar ini, masa kecilmu bahagia!

10 Foto yang akan membuatmu merindukan sosok ayah

10 Coretan di uang kertas yang mungkin pernah kamu lakukan saat kecil

21 Stiker lucu di sepatbor motor, awas nabrak!

20 Tas belanjaan unik, kreatif, juga menggelikan

25 Meme kucing yang imut, ngegemesin dan bikin ketawa

11 Foto editan Agan Harahap ini dimuat di media asing top wired.com

15 Foto kombo, seni baru fotografi yang akan membuat kamu terbelalak!

Ini 12 meme Khong Guan yang pasti bikin kamu ngakak

Mbah Sholeh, meninggal 9 Kali, makamnya ada 9