Brilio.net - Kamu pasti nggak asing dengan makanan bernama kismis. Buah anggur yang dikeringkan lewat pemanasan di bawah matahari atau oven ini terasa manis dan sedikit ada asam. Sekalipun ada kandungan fruktosanya, kismis tak berpengaruh terhadap level gula darahmu, lho.

Perlu kamu tahu, setengah cangkir kismis mengandung 250 kalori, sekaligus memberimu tiga kali lipat nutrisi yang dibutuhkan tubuhmu. Sementara kalau dalam kondisi buah anggur segar, setengah cangkir anggur mengandung 30 kalori. Kamu bisa memilih cenderung ke kismis atau buah anggur segarnya.

Bicara kandungan nutrisi dalam anggur antara lain ada riboflavin, atau yang dikenal dengan vitamin B2. Nah, vitamin B2 bermanfaat  dalam pembetukkan sel darah merah, antibodi dalam tubuh, dan dalam metabolisme pelepasan energi dari karbohidrat. Anggur juga mengandung vitamin C, vitamin K, dan kolin.  Sebagai informasi, kolin atau choline befungsi untuk kesehatan otak, jantung, dan sistem saraf.

Tak hanya itu saja, anggur juga mengandung asam folat atau folate, yaitu zat yang juga disebut vitamin B9 bagus untuk meregenerasi sel-sel tubuh rusak. Selain itu ada juga kandungan niacin atau vitamin B3 yang penting untuk fungsi sel tubuh bekerja dengan baik, vitamin B6, zat mineral tembaga, kalsium, fosfor, magnesium, zat besi, dan potasium.

Wah ternyata banyak juga ya nutrisi dalam anggur tersebut. Tak perlu khawatir, kandungan tersebut  akan tetap ada saat berubah menjadi kismis. Tentu saja akan memberikan banyak manfaat kesehatan. Dilansir brilio.net dari HEALTH DIGEZT, Jumat (27/11), berikut sederet manfaat mengonsumsi kismis:

Loading...

1. Mencegah anemia

Orang yang menderita anemia memiliki sistem imun yang lemah, mudah lelah atau fatigue. Biasanya orang yang terserang anemia rentan mengalami depresi. Nutrisi iron atau zat besi dalam kismis bagus untuk orang dengan anemia atau mencegah anemia. Vitamin B kompleks dan zat mineral tembaga sangat penting bagi sel darah merah. Satu cangkir kismis sama dengan 17% kebutuhan harian dari zat besi yang diperlukan seseorang.

2. Menjaga kesehatan gigi

Kismis tak seperti gula yang berbahaya bagi gigi. Fitonutriens dalam kismis dapat menghilangkan bakteri yang menyebabkan gigi berlubang. Mengganti konsumsi gula dengan kismis dapat membuat gigimu sehat.

3. Bagus untuk kesehatan tulang

Kandungan boron dalam kismis dapat digunakan mencegah osteoporosis. Boron dapat menyeimbangkan estrogen dan testosteron dalam tubuh. Selain itu, boron dapat digunakan tubuh dalam menyerap kalsium, magnesium, dan fosfor yang penting bagi tubuh.

4. Bermanfaat sebagai alkalin

Orang yang menderita keasaman atau Acidosis seharusnya mengonsumsi kismis. Kismis memiliki antasida yang disebut potasium dan magnesium. Keduanya merupakan alkalin yang menetralisir keasaman dalam tubuh. Perlu kamu ketahui, Acidosis dapat menyebabkan masalah kulit, jantung, artritis, dan kanker.

5. Kaya serat

Serat tinggi sangat bagus untuk pencernaan dan melancarkan buang air besar. Selain itu, juga menurunkan risiko kanker usus besar. Kismis memiliki serat tinggi dan ditengarai adalah sumber terbaik serat. Satu sendok makan kismis sama dengan satu gram kebutuhan serat harian. Selain itu, kismis juga memiliki asam tartarat yang penting bagi kesehatan sistem pencernaan. Kismis  juga bisa mengatasi sembelit. Kismis akan menyerap air dan meredakan sembelit.

6. Antikolesterol

Kismis mengandung komponen anti kolesterol yang mengenyahkan kolesterol jahat dalam tubuh. Serat dalam kismis juga mengusir kolesterol jahat dalam hati. Antioksidan dalam kismis bsia menghentikan enzim yang menyerap kolesterol dalam tubuh. Satu cangkir kismis berisi 4 (empat) gram kebutuhan harian serat.

7. Kesehatan mata

Menurut studi, kismis dalam melindungi dari degnerasi makula. Antioksidannya dapat melindungimu dari kebutaan seiring bertambahnya usia. Selain itu, kismis juga melindungimu dari radikal bebas sehingga dapat mencegah segala macam penyakit mata.

8. Mengontrol tekanan darah

Kismis menghilangkan racun dalam tubuh dan menurunkan tekanan darah. Selain itu, potasium di dalam kismis juga penting menurunkan tekanan darah dan level sodium dalam tubuh.

9. Makanan bagi otak

Boron dalam kismis juga bermanfaat bagi memori dan konsentrasimu. Di samping itu, boron juga bermanfaat untuk perawatan penyakit Alzheimer dan gangguan koordinasi mata-tangan. Dalam 100 miligram kismis, kamu akan mendapatkan 2,2 miligram boron.

Jadi, jangan asal menyingkirkan kismis yang jadi hiasan kue, ya. Untung-untung malah kamu jadikan kismis sebagai camilan harian. Ingat kesehatanmu, lho!

RECOMMENDED BY EDITOR