Brilio.net - Orang Indonesia itu suka banget makan cabe. Bahkan kalau cuma makan nasi telur plus cabe rasanya tuh udah surga banget. Selain efeknya bikin ngiler dan gagal diet kalau lihat makanan, cabe ternyata mengandung banyak vitamin seperti vitamin A dan C, mineral, antioksidan serta kaya akan serat. Lalu gimana kalau mengonsumsi cabe saat berpuasa?

Cabe justru kudu banget kamu konsumsi saat sahur dan berbuka. Lho, bukannya bikin sakit perut? Seperti dikutip brilio.net dari Mensfitness, Jumat (26/6), konsumsi cabe justru bisa meningkatkan metabolisme tubuh serta membuat kerja sistem pencernaan menjadi lebih baik. Wow! Kok bisa?

Hal ini disebabkan karena cabe mengandung capcaisin yang menyebabkan rasa pedas ketika dimakan. Nah, selain meningkatkan nafsu makan, capcaisin juga berguna untuk merangsang buang air besar, serta sifatnya yang analgetik bisa membantu mengurangi sakit kepala saat berpuasa.

Saat berpuasa, terkadang kita pasti sering susah untuk buang air besar karena aktivitas gerak serta konsumsi air putih yang relatif kurang. Dengan mengonsumsi cabe, justru bisa membantu melancarkan buang air besar. Tapi sekali lagi, inget, jangan dikonsumsi secara berlebihan ya? Konsumsi cabe yang terlalu banyak bisa mengakibatkan gangguan maag, bahkan di beberapa kasus bisa bikin diare.

Terutama jika kamu memiliki permasalahan dengan pencernaan atau memiliki penyakit ambeien sebaiknya memang jangan dikonsumsi. Cabe yang dimakan penderita ambeien bisa menimbulkan sensasi panas pada dubur, bahkan dalam kasus yang ekstrem bisa mengakibatkan pendarahan.

HOT HOT NEWS:

Telan landak 12,7 kg, ular Piton mati perutnya ketancep banyak duri

Ini 12 meme Khong Guan yang pasti bikin kamu ngakak

10 Foto yang akan membuatmu merindukan sosok ayah

10 Coretan di uang kertas yang mungkin pernah kamu lakukan saat kecil

11 Foto editan Agan Harahap ini dimuat di media asing top wired.com

Kalau kamu senyum-senyum lihat 25 Gambar ini, masa kecilmu bahagia!

20 Tas belanjaan unik, kreatif, juga menggelikan

15 Foto kombo, seni baru fotografi yang akan membuat kamu terbelalak!

Mbah Sholeh, meninggal 9 Kali, makamnya ada 9

21 Stiker lucu di sepatbor motor, awas nabrak!

25 Meme kucing yang imut, ngegemesin dan bikin ketawa