Brilio.net - Melanjutkan S2 atau kerja sering menjadi pertanyaan yang muncul bagi mereka yang baru menyelesaikan S1. Perlu diketahui bahwa dua pilihan ini sama-sama baiknya tergantung tujuan utama yang menjadi prioritasmu. Berbagai pertimbangan memang perlu kamu pikirkan sebelum memutuskan untuk melanjutkan S2 atau kerja dulu.

Berikut Muto Yasunori dari Universitas Tokushima menjelaskan tentang hal-hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk S2 atau kerja dulu saat ditemui brilio.net di acara kuliah umumnya di Yogyakarta, Selasa (12/1).

Hal yang akan kamu dapatkan jika melanjutkan S2 terlebih dahulu dari pada bekerja adalah sebagai berikut :

1. Bisa mendapatkan profesi yang sesuai keahlian

kuliah dulu 1-3  2016 brilio.net

Dengan melanjutkan S2 kamu akan lebih fokus atau profesional di satu keahlian khusus, sehingga kamu bisa mendapatkan pekerjaan nantinya yang benar-benar sesuai bidangmu.

2. Masih semangat di bangku perkuliahan

kuliah dulu 1-3  2016 brilio.net

Semangat kuliah ini adalah hal yang cukup penting. Setelah selesai S1 dan kamu langsung lanjut S2 maka semangat belajarmu akan lebih baik dari pada mereka yang sempat mengambil jeda. Selain itu ingatanmu masih baik.

3. Pemahaman untuk disiplin ilmu lebih mendalam

kuliah dulu 1-3  2016 brilio.net

S2 memang bertujuan untuk memberikan kesempatan bagimu untuk memahami disiplin ilmumu lebih mendalam. Sehingga dengan memutuskan untuk melanjutkan S2, maka kamu bisa langsung memahami keilmuanmu dan itu akan menjadi pertimbangan juga saat kamu mencari kerja nantinya.

Lalu bagaimana jika kamu kemudian memilih bekerja terlebih dahulu? Berikut keuntungan yang akan kamu peroleh :

1. Punya pengalaman kerja

kerja dulu 1-3  2016 brilio.net

Bagaimana pun juga hal yang dipertimbangkan oleh setiap perusahaan untuk menerima pegawai adalah pengalaman kerja. Jadi jika kamu memilih bekerja terlebih dahulu, maka kamu akan memiliki pengalaman kerja lebih baik dari mereka yang memutuskan untuk melanjutkan S2 terlebih dahulu.

2. Hidup mandiri

kerja dulu 1-3  2016 brilio.net

Karena memilih bekerja dulu, maka kamu akan lebih mandiri dengan tidak lagi bergantung kepada orangtua. Kamu bisa memenuhi kebutuhanmu sendiri.

3. Bisa membantu kebutuhan orangtua

kerja dulu 1-3  2016 brilio.net

Selain memenuhi kebutuhanmu sendiri, saat kamu sudah bekerja kamu pun bisa meringankan beban orangtuamu. Bahkan kamu bisa membahagiakan orangtua dengan mengajak jalan-jalan atau membelikan sesuatu dengan hasil keringatmu sendiri.

Nah, jadi kuliah S2 atau kerja dulu? Yang terpenting adalah pertimbangain yang matang ya sebelum mengambil keputusan.