Brilio.net - Menjaga hubungan biar langgeng nggak cuma ke pacar aja lho guys, tapi juga bisa ke sahabat. Kamu nggak mau kan, sampai nggak punya sahabat?

Sahabat itu nggak harus banyak kok, sahabat yang bisa dihitung dengan jari tapi 'deket banget' malah lebih bagus. Biar persahabatanmu langgeng dan bertahan lama bahkan seumur hidupmu, berikut tips yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Minggu (1/11):

1. Jangan terlambat saat ada janji

Lakukan 7 hal ini bareng sahabat biar hubungan kalian selalu langgeng!
via lorensworld.com

Siapapun pasti nggak ada yang suka kalau janjian tapi telat ya kan? Nah, begitu pula dengan sahabatmu. Agar persahabatanmu bisa langgeng, usahakan jangan suka ngaret saat ada janjian sama sahabatmu. Kalaupun telat, kamu sebaiknya kasih kabar dan jelaskan alasanmu.

2. Jadilah pendengar yang baik

Lakukan 7 hal ini bareng sahabat biar hubungan kalian selalu langgeng! via duniatraining.com

Menjadi pendengar yang baik juga bisa jadi kunci hubunganmu dan sahabat akan bertahan lama. Jangan egois dan minta di dengar saja, sahabatmu pun juga ingin di dengarkan keluh kesahnya.

3. Berikan saran jika dibutuhkan

Lakukan 7 hal ini bareng sahabat biar hubungan kalian selalu langgeng! via wordpress.com

Curhat-curhatan sama sahabat itu hal yang wajar. Nah, jadilah orang yang bisa dimintai solusi saat dibutuhkan. Fungsi sahabat salah satunya adalah bisa saling mengisi antara satu sama lain bukan? Namun jangan menjadi sahabat yang sok tahu dan terkesan menggurui, tempatkan diri kamu seakan-akan juga mengalami apa yang dialami sahabat kamu.

4. Luangkan waktu

Lakukan 7 hal ini bareng sahabat biar hubungan kalian selalu langgeng! via blogspot.com

Setelah sibuk bekerja atau kuliah, sesekali bolehkah masih meluangkan waktu untuk sahabatmu. Meluangkan waktu bareng sahabat tercinta tentu bisa memberi hiburan tersendiri untuk menghilangkan jenuh, bosan yang melanda.

5. Lakukan hal-hal yang menyenangkan bersama

Lakukan 7 hal ini bareng sahabat biar hubungan kalian selalu langgeng!
via data.whicdn

Lakukan hal-hal menyenangkan bersama sahabat sesekali. Misal, sempatkan untuk sekedar makan bareng atau pergi traveling bareng. Kegiatan-kegiatan ini bisa membuat persahabatan kalian semakin bermakna.

6. Pahamilah baik dan buruknya sahabatmu

Lakukan 7 hal ini bareng sahabat biar hubungan kalian selalu langgeng!
via tumblr

Sahabat sejati, tentu sudah tahu baik dan buruknya masing-masing. Sehingga kamu pasti sudah tahu gimana cara memperlakukan sahabatmu. Dan kamu juga bisa menerima kekurangan sahabat kamu itu.

7. Traktir sahabatmu sekali-kali

Lakukan 7 hal ini bareng sahabat biar hubungan kalian selalu langgeng!
via wikia.nocookie.net

Nggak ada salahnya juga mentraktir sahabatmu sekali-kali, misal saat kamu ulang tahun atau setelah wisuda. namun, juga nggak ada masalah kalau kamu sama sahabat juga sering bergantian saling nraktir.