Brilio.net - Manusia itu hidupnya nggak bisa jauh-jauh dari air deh. Ya nggak aneh sih, sebanyak 60 persen berat tubuh manusia terdiri dari air. Bahkan ada pepatah yang bilang, nggak makan tiga hari itu nggak masalah, tapi kalau nggak minum sehari, wah bisa langsung K.O tuh!

Jika manusia kekurangan cairan dalam tubuhnya, maka akan menyebabkan dehidrasi yang berpengaruh terhadap kognisi, dan konsentrasi. Tubuh pun menjadi lemah serta lemas. Menurut penelitian dari University of Connecticut's Human Performance Laboratory, seperti dikutip brilio.net dari HuffingtonPost, Rabu (17/6), dehidrasi ternyata juga mengendalikan suasana hati, tingkat energi, dan fungsi mental seseorang, atau dalam bahasa simpelnya, kurang minum air ternyata bisa bikin seseorang jadi gampang bad mood, waduh!

Hal ini disebabkan karena ketika seseorang mengalami dehidrasi, dalam hal ini sering dialami perempuan, menyebabkan kelelahan, serta sakit pada kepala yang mengakibatkan kehilangan konsentrasi. Bahkan akibat dehidrasi, seseorang bisa mengalami kesulitan yang berkaitan dengan mentalnya, gampang lupa, merasa cemas berlebihan.

Bahkan perubahan mood pada seorang perempuan berlaku bahkan saat dia sedang tidak melakukan pekerjaan apapun, lho. Masih menurut para peneliti, dampak buruk dehidrasi sama besarnya seperti dampak yang ditimbulkan akibat terlalu lama duduk di belakang meja.

Menurut studi yang termuat dalam The Journal of Nutrition ini, dehidrasi terjadi sebab tubuh kehilangan cairan dalam jumlah yang banyak. Ketika kadar normal air berkurang, maka dapat menyebabkan gangguan pada keseimbangan mineral, seperti garam dan gula dalam tubuh, serta memperngaruhi caranya berfungsi. Minum air sangat bermanfaat untuk melumasi sendi dan mata, serta membantu pencernaan, membilas racun dan limbah dari dalam tubuh, menjaga kesehatan kulit, serta membuat suasana hati menjadi lebih baik.

Jadi, sudah minum air putih hari ini? Kesehatanmu lho!

BACA JUGA:

Biar nggak dehidrasi, kamu mesti pilih 4 makanan ini saat pancaroba

Ini 11 bahaya dehidrasi yang bisa ganggu kesehatan kamu, fatal lho!