Brilio.net - Kuku merupakan salah satu bagian tubuh yang sering terlihat. Makanya wanita selalu merawat kukunya biar selalu tampak cantik. Nggak heran deh kalau akhirnya banyak wanita yang memperhatikan soal kecantikan dan kekuatan kuku agar selalu sehat dan makin menarik.

Setiap orang punya jenis kuku yang berbeda-beda, mulai dari jenis kuku lunak, kuku kering sampai kuku yang rapuh.

Nah, untuk perawatan kuku supaya kuat dan nggak mudah patah tak selalu harus dilakukan di salon dengan harga mahal. Sebab, resep alamiah menggunakan bahan-bahan yang tersedia di dapur juga terbukti ampuh untuk menjaga kekuatan kuku. Tapi syaratnya kamu harus rajin dan konsisten melakukan perawatan alami ini.

Berikut ini beberapa ramuan natural yang praktis dan terbilang efektif menjaga kecantikan kuku kamu, seperti dilansir brilio.net dari StyleCaster, Sabtu (1/8):

1. Jeruk dan bawang

Kuku kamu mudah patah? Cobalah atasi dengan ramuan ini

Kuku kamu mudah patah? Cobalah atasi dengan ramuan ini Siapkan setengah mangkuk jus jeruk segar dan satu mangkuk tumbukan bawang putih. Lalu, rendam kuku-kuku kamu pada mangkuk berisi kedua campuran tersebut. Bawang putih bermanfaat untuk menguatkan kuku supaya nggak mudah patah. Sementara itu, jus jeruk yang kaya Vitamin C meningkatkan produksi kolagen dan asam folat yang merangsang pertumbuhan kuku.

2. Lemon dan baking soda

Kuku kamu mudah patah? Cobalah atasi dengan ramuan ini Sediakan setengah buah lemon, satu mangkuk air, dan satu sendok makan baking soda. Kemudian, rendam kuku-kuku kamu selama lima menit lalu keringkan dengan handuk hangat. Ramuan ini efektif untuk mengatasi keluhan kuku kuning dan kering. Perawatan ini juga membuat kuku lebih bersih dan bersinar.

3. Lilin lebah dan madu

Kuku kamu mudah patah? Cobalah atasi dengan ramuan ini

Kutikula adalah kulit berwarna putih yang mengeras dan kerap terkelupas di tepi kuku. Masalah ini umumnya disebabkan oleh kurang minum air putih dan sering terpapar sabun cuci. Salah satu langkah alamiah untuk mengatasinya adalah menggunakan campuran satu sendok teh madu, empat sendok teh lilin lebah (beeswax), dan tiga sendok teh minyak almon. Selanjutnya, pulaskan campuran tersebut pada kuku kamu, lalu diamkan beberapa menit hingga kering dan bersihkan menggunakan handuk hingga bersih.

Gimana, mudah kan caranya? Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya, ladies!