Brilio.net - Tak hanya kulit ataupun rambut yang bisa memberikan tanda-tanda tentang kondisi tubuh. Ternyata kuku juga bisa jadi indikator apakah kamu punya masalah kesehatan atau nggak. Nah, kondisi kuku seperti apa yang bisa jadi pengingat buat kesehatan tubuh kamu? Berikut ini penjelasannya seperti dilansir brilio.net dari Health, Rabu (27/1). Cek yuk!

1. Warna kuku menguning dan pucat

Kondisi kuku tunjukkan kondisi tubuhmu, coba deh perhatikan!Ilustrasi kuku menguning dan pucat.

Hal ini dapat terjadi secara alami disebabkan oleh faktor usia yang semakin menua. Tapi juga kadang-kadang normal terjadi bagi kamu yang suka memakai cat kuku. Kemungkinan penyebab lain adalah kebiasaan merokok yang dapat membuat warna kuku menguning.

Loading...

Namun salah satu penyebab paling umum dari kuku yang kuning adalah infeksi jamur. Dalam kondisi yang lebih parah, meskipun jarang, kuku yang kuning mengindikasikan kondisi yang lebih serius seperti penyakit tiroid yang parah atau psoriasis. Sementara jika kuku terlihat pucat, bisa jadi kamu kekurangan darah alias mengalami anemia. Selain itu, kuku yang pucat juga bisa jadi tanda awal diabetes atau gangguan liver.

2. Kuku kering, retak dan mudah rapuh

Kondisi kuku tunjukkan kondisi tubuhmu, coba deh perhatikan!Ilustrasi kuku kering.

Masalah ini umum terjadi dan ada beberapa kemungkinan yang jadi penyebabnya. Bisa karena infeksi jamur kuku, terlalu sering menggunakan cat kuku, sering mencuci piring tanpa sarung tangan, atau tinggal di lingkungan yang lembap. Penyebab lain termasuk bahan kimia, seperti jika kamu sering memakai pelembap kuku terlalu berlebihan. Bisa juga karena menggunakan penghapus pewarna kuku dengan bahan yang terlalu kuat.

Namun, jika kuku rapuh adalah masalah yang sering terjadi, sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Pasalnya kuku rapuh sering dikaitkan dengan penyakit tiroid (hipotiroidisme) dan arthritis. Sementara untuk kuku retak, cobalah untuk mengoleskan lotion pelembap kuku, tapi ingat perhatikan kandungan dalam produk yang kamu pilih ya. Kandungan asam hialuronat, gliserin dan Shea Butter banyak direkomendasikan oleh para ahli untuk membantu pertumbuhan kuku yang sehat.

3. Ujung kuku melengkung

Kondisi kuku tunjukkan kondisi tubuhmu, coba deh perhatikan!

Ini juga disebut koilonychia dan dalam hal ini kuku terlihat cekung. Hal ini terjadi karena kekurangan zat besi atau anemia, dan kadang bisa menjadi tanda penyakit hati atau jantung, aliran darah yang kurang lancar ke jari dan hipotiroidisme. Jika kamu mengalami kondisi kuku seperti ini, segera konsultasikan dengan dokter.

4. Berbintik-bintik

Kondisi kuku tunjukkan kondisi tubuhmu, coba deh perhatikan!Ilustrasi kuku berbintik-bintik.

Banyak orang yang percaya bahwa bintik-bintik putih pada kuku menunjukkan kekurangan kalsium, tapi ini nggak biasanya terjadi. Sebenarnya garis atau bintik-bintik pada kuku normal terjadi. Namun, hal ini bisa menjadi tanda dari rendahnya tingkat protein, kekurangan gizi atau menandakan penyakit hati.

Selain itu, kuku yang mempunyai bintik-bintik, bisa menjadi gejala awal dari penyakit kulit seperti psoriasis atau eczema (eksim). Ini juga bisa menjadi hasil dari kebiasaan kamu yang suka menggigit kuku.

5. Kuku dengan garis hitam (lurus ke bawah) di tengahnya

Kondisi kuku tunjukkan kondisi tubuhmu, coba deh perhatikan!Ilustrasi kuku bergaris hitam.

Garis hitam di tengah di bawah kuku perlu diperiksa secepat mungkin. Kadang-kadang kondisi ini dalam beberapa kasus dapat menunjukkan melanoma, jenis kanker kulit paling berbahaya yang memengaruhi kondisi kuku.

6. Kuku yang tergerogoti

Kondisi kuku tunjukkan kondisi tubuhmu, coba deh perhatikan!

Biasanya akibat kebiasaan menggigiti kuku. Kebiasaan menggigit kuku sendiri merupakan tanda kegelisahan, dan sering dikaitkan dengan kelainan obsessive-compulsive. Jika kamu tak bisa berhenti menggigiti kuku, sebaiknya kamu harus berkonsultasi dengan dokter.

7. Kuku 'sendok' dan ada garis merah kecil

Kondisi kuku tunjukkan kondisi tubuhmu, coba deh perhatikan!Ilustrasi kuku sendok.

Kuku sendok adalah istilah untuk kuku yang sangat halus tapi terlihat berlubang. Keadaan kuku seperti ini bisa jadi tanda kamu kekurangan zat besi (anemia) atau mengalami masalah liver. Sedangkan garis merah kecokelatan pada kuku seperti darah kering menunjukkan adanya masalah pada jantung atau cedera biasa.

RECOMMENDED BY EDITOR