Brilio.net - Datangnya hari raya Idul Fitri serta libur lebaran selalu disambut dengan suka cita. Tiap keluarga mempersiapkan diri untuk pergi bersilaturahmi di kampung halaman atau menerima kunjungan dari sanak keluarga, tetangga dan sahabat-sahabat tercinta. Akan tetapi, nyatanya butuh uang yang tak sedikit untuk melakukan hal itu. Mulai dari membeli pakaian, menyediakan kue-kue dan makanan khas lebaran, biaya transportasi mudik dan lain-lain.

Sebaiknya kita harus tetap bisa menjaga pengeluaran biar nggak boros. Karena pengeluaran yang nggak terkendali bisa membuat keuangan kamu merana setelah hari raya. Banyak orang juga yang mengalami krisis keuangan usai lebaran. Nggak mau kan?

Nah, antisipasi kondisi keuangan kamu dengan tips mudah berikut ini, yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (22/7):

1. Cek lagi catatan pengeluaran selama lebaran
Meski lebaran udah lewat, sebaiknya kamu tetap harus mengecek arus pengeluaran dengan teliti. Ingat-ingat lagi kamu sudah belanja apa saja. Cari tahu juga pengeluaran paling banyak digunakan untuk hal apa. Hasil evaluasi catatan ini bisa dijadikan acuan untuk menghadapi lebaran tahun depan. Kamu jadi bisa lebih mudah untuk mempersiapkan berapa banyak uang yang harus disisihkan untuk keperluan lebaran.

2. Berhemat untuk keperluan yang bisa dihemat
Seringkali semangat libur lebaran masih melanda meski liburan telah usai. Segeralah ubah pola pikir ini dan mulailah berhemat untuk keperluan yang bisa dihemat. Kembali beraktivitas ke dunia kerja dan mengumpulkan uang lagi dengan kebiasaan hidup sederhana. Dengan begitu, makin banyak uang yang bisa ditabung dan dimanfaatkan untuk memulihkan kondisi keuangan.

3. Ayo mulai menabung lagi
Masa liburan pasti akan menguras kantong plus tabungan. Jadi, saatnya sekarang kamu mengisinya kembali dengan menabung. Memiliki tabungan merupakan hal penting untuk mendukung cita-cita finansial. Misalnya nih, kamu memiliki rencana untuk memiliki uang sebesar Rp 10 juta saat lebaran tahun depan. Nah, persiapkan dari sekarang agar cita-cita itu bisa segera tercapai.

Masa liburan telah usai, dan sadarlah kalau waktu menghamburkan uang juga sudah selesai. Sekarang saatnya menabung dan kembali ke dunia kerja. Semangat!

BACA JUGA:

Yuk hidup sehat, mulai batasi konsumsi garam biar nggak hipertensi

Ladies, kurang vitamin D ternyata bisa bikin kamu mudah depresi lho

Duh, terobsesi dengan makanan sehat bisa bikin gejala gangguan makan!

Sarapan buah bukan cuma buat gaya-gayaan, tapi bikin kamu lebih sehat!

Ini kandungan menu sarapan yang baik, sudahkah sarapanmu memenuhi?

Kandungan tersembunyi dari tanaman gunung ini bisa jadi pengganti gula

Cokelat bisa bikin berat badanmu jadi turun, ayo coba gaya diet ini

Ini cara mengurangi jumlah kalori ketika memasak nasi

Anak yang sering makan fast food tingkat kecerdasannya lebih rendah

Memakan nasi sisa hari kemarin ternyata berkhasiat untuk diet

Sukses diet, gadis ini justru ingin gemuk lagi gara-gara kena penyakit

Jangan tiru diet ala artis ini, meski Madonna & Mariah Carey melakukan

Lagi diet? Coba 5 makanan ini, dijamin bikin kamu nggak cepat lapar