Brilio.net - Saat mengetahui ketumbar, mungkin yang kita tahu sebatas untuk bumbu makanan. Adakah manfaat lain dari ketumbar?

Dikutip brilio.net dari laman A2Z Lifestyles, Rabu (1/7), berikut manfaat ketumbar yang wajib kamu ketahui.

- Manfaat kecantikan
1. Kulit
Ketumbar bisa membantu kulit untuk mengatasi gangguan eksim, kulit gatal, dan sebagainya. Sifat anti-inflamasi membantu meredakan ruam dan jerawat.

Kamu hanya perlu menghancurkan beberapa biji ketumbar dan menjadikannya serupa pasta. Kemudian oleskan ke bagian ruam atau jerawat itu. Hasilnya akan membuat kulit bebas noda.

2. Rambut
Ketumbar bisa mendorong pertumbuhan rambut, mengurangi rambut rontok, dan menguatkan akar rambut. Yang perlu kamu lakukan adalah mencampur bubuk ketumbar dengan minyak rambut, kemudian pakai itu sembari memijat kulit kepalamu secara ringan.

3. Bibir merah
Kaum hawa pasti ingin bibirnya lebih seksi dan merona. Kamu hanya perlu mengoleskan jus ketumbar di bibirmu sebelum tidur setiap malam. Untuk efek lebih baik, kamu bisa menambahkan jus lemon ke dalam dua sendok makan jus ketumbar. Dalam beberapa minggu, kamu akan mendapat bibir yang sehat dan merona.

- Manfaat kesehatan
1. Anti bakterial
Ketumbar memiliki sifat anti bakteri. Dengan begitu, dia bisa melindungi tubuhmu dari beberapa penyakit seperti keracunan makanan, disentri, kolera, dan sebagainya. Ketumbar akan membunuh bakteri yang tidak diinginkan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Menyembuhkan konjungtivitis
Konjungtivitis adalah peradangan selaput yang meliputi bagian depan mata atau konjungtiva dan menyebabkan mata berwarna kemerahan. Ketumbar terbukti mengobatinya karena memiliki antioksidan alami yang bersifat anti-inflamasi. Ketumbar akan mengurangi kemerahan, pembengkakan, dan bengkak pada mata, sehingga mengurangi iritasi mata.

3. Memperbaiki pencernaan
Karena memiliki antioksidan alami, ketumbar bisa memperbaiki sistem pencernaan. Dia membantu sekresi enzim yang berfungsi dalam pencernaan. Ketumbar juga menyehatkan hati dan usus.

Jadi, kalau perutmu dalam masalah, kamu bisa mengonsumsi ketumbar sebagai obat. Kamu hanya perlu mengambil segenggam biji ketumbar dan merendamnya dalam air pada malam hari, lantas paginya bisa kamu minum pada waktu perut kosong. Tindakan ini bisa memperlancar sistem pencernaanmu.

4. Detoksifikasi alami
Ketumbar bisa membersihkan tubuh dari racun, seperti arsenik, logam, besi, timah, dan sebagainya.

BACA JUGA:

Cara mudah dan alami memutihkan lutut hitam, silakan dicoba!

Zaman dulu adu kecantikan wanita diuji saat mengendarai vespa

9 Manfaat baking soda untuk kecantikan

Sabun kecantikan ini terbuat dari lumpur kawah Dieng, mau coba?

Menikmati sajian tradisional tapi mewah, spageti belut

Meski tradisional, kompor anglo tanah ini berbahan bakar uang

Kini jamu tradisional hadir sebagai resep obat di Puskesmas lho

Kuliner tradisional Jawa Barat ini jadi sajian primadona delegasi KAA

Manisnya gatot tiwul Mbah Hadi, jajanan tradisional legendaris Jogja