Brilio.net - Wortel dikenal sebagai salah satu sayuran yang kaya kandungan beta-karoten. Beta-karoten yang juga disebut sebagai pro-vitamin A, adalah senyawa antioksidan yang memiliki aktivitas mirip vitamin A, dan diubah menjadi vitamin A di dalam hati. Vitamin A ditransformasikan dalam retina, untuk rhodopsin, pigmen ungu yang diperlukan untuk mempertajam penglihatan di malam hari.

Nah, ternyata bukan sekadar untuk kesehatan mata, wortel juga bermanfaat bagi kecantikan, lho. Dilansir brilio.net dari laman Boldsky, Sabtu (3/10), berikut penjelasannya.

1. Mengatasi jerawat

Kenali 7 rahasia kecantikan dari wortel

Pro-vitamin A dalam wortel dapat mengobati jerawat. Jus wortel pun bisa membersihkan tubuhmu dari racun yang memicu timbulnya jerawat.

Loading...

2. Pertumbuhan rambut

Buah yang menjadi ciri khas makanan kelinci ini ternyata menyediakan nutrisi penting bagi pertumbuhan rambut. Sebut saja seperti vitamin C dan E yang menstimulasi lancarnya sirkulasi darah dan mencegah munculnya uban lebih awal.

3. Meredakan peradangan

Kandungan antioksidan dalam wortel dapat mengobati gangguan pada kulit, semisal ruam, luka, dan peradangan.

4. Menghidrasi kulit

Kenali 7 rahasia kecantikan dari wortel

Kulit kering disebabkan kurangnya potasium. Nah, maka dari itu, konsumsi lebih banyak wortel untuk memenuhi kebutuhan potasium ini supaya kulit tidak kering dan kusam.

5. Mencegah kerutan

Sayuran berwarna oranye ini bisa membantu kulit lebih elastis dan mencegah tanda penuaan seperti kerutan dan kulit kendur.

6. Antipenuaan

Beta-karoten dalam wortel membantu memperlambat proses penuaan dengan mengurangi degenerasi sel dan menetralisir radikal bebas.

7. Mereduksi bahaya sinar matahari

Kenali 7 rahasia kecantikan dari wortel

Beta-karoten yang terkandung dalam wortel mampu meredakan sensasi terbakar oleh sinar matahari. Konsumsi rutin jus wortel dapat membantu kulitmu tak mudah terbakar sinar matahari.

Jadi, mulai sekarang jangan ragu makan wortel ya, ladies!

RECOMMENDED BY EDITOR