Brilio.net - Bukan cuma jerawat saja yang menjadi musuh buat kulit wajah cantikmu. Namun, bintik hitam-hitam yang biasa muncul di daerah hidung juga dijamin bikin kamu "bete". Bintik-bintik hitam di sekitar hidung atau biasa disebut komedo ini cukup menjadi masalah besar untuk wajah mulusmu.

Lalu apa saja sih penyebab munculnya komedo itu? Berikut dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (27/10), setidaknya ada 15 hal yang bisa menyebabkan munculnya komedo:

1. Sering menyentuh wajah

Kenali 15 penyebab munculnya komedo

foto: http://www.lollipop.ge

Loading...

Kebiasaan menyentuh wajah terlalu sering ternyata bisa berdampak buruk pada kulit wajah. Salah satunya muncul komedo maupun jerawat. Tangan dianggap mengandung banyak kuman, karena kita gunakan untuk memegang berbagai macam benda asing. Tangan yang kotor atau tidak steril mampu membawa jutaan kuman apabila digunakan untuk menyentuh wajah. Oleh karena itu hindari menyentuh wajah terlalu sering, apalagi dalam kondisi tangan yang tidak steril.

2. Polusi dan asap kendaraan bermotor

Kenali 15 penyebab munculnya komedo

foto: http://slimmingcapsule.bloginformasiteraktual.com

Kegiatan di luar rumah tentu membuat wajah kamu terkena paparan polusi, debu dan asap kendaraan selama di jalan. Polusi, debu dan terpaan asap knalpot kendaraan pun mampu membuat wajah mulusmu berubah menjadi tidak mulus dengan munculnya komedo yang membandel. Makanya, penting sekali membersihkan muka sehabis bepergian agar wajah tetap bersih dan sehat.

3. Makanan berminyak

Kenali 15 penyebab munculnya komedo

foto: http://3.bp.blogspot.com

Mengonsumsi makanan berminyak seperti goreng-gorangan berlebihan juga nggak baik buat kondisi muka kamu. Makanan yang banyak mengandung minyak, akan memicu munculnya minyak berlebih terutama pada wajah.

4. Malas mencuci muka

Kenali 15 penyebab munculnya komedo

foto: https://creampemutihwajahaman.files.wordpress.com

Untuk mencegah komedo bandel, sebaiknya kamu rajin-rajin mencuci muka paling nggak dua kali sehari. Jangan malas cuci muka deh pokoknya.

5. Malas keramas

Kenali 15 penyebab munculnya komedo

Foto: images.f2fcdn.net/files

Malas keramas ada hubungannya dengan komedo? Yap, benar. Seseorang yang malas keramas otomatis kondisi kulit kepalanya menjadi berminyak dan tidak bersih. Produksi minyak berlebih dari kepala bisa mengalir ke wajah bercampur dengan bakteri dan kotoran yang bisa menyumbat pori-pori dalam wajah sehingga bisa menyebabkan munculnya komedo.

6. Make Up yang berlebihan

Kenali 15 penyebab munculnya komedo

foto: http://www.emmagem.com

Menggunakan make up yang berlebihan dan terlalu sering juga nggak sehat buat muka kamu lho ladies. Paparan produk kosmetik yang terus menerus bisa membuat bakteri semakin menumpuk. apalagi jika kamu nggak segera membersihkannya.

7. Malas membersihkan make up di wajah

Kenali 15 penyebab munculnya komedo

foto: http://blog.puali.com

Kalau kegiatanmu sehari-hari menunjang untuk selalu menggunakan make up itu sah-sah saja. Namun, jangan lupa setelah pulang kerja kamu wajib membersihkannya. Jangan biarkan sisa make up itu menumpuk sampai kamu tertidur. Sisa-sisa make up yang menempel di wajah juga bisa menjadi pemicu munculnya komedo lho.

8. Penumpukan sel-sel kulit mati

Kenali 15 penyebab munculnya komedo

foto: sapujagat.com

Malas membersihkan muka juga bisa membuat penumpukan sel-sel kulit mati di wajah kamu. Itu sebabnya, komedo mudah datang menyerang jika sel-sel kulit mati sudah menumpuk dan tidak dibersihkan.

9. Merokok

Kenali 15 penyebab munculnya komedo

Merokok nggak hanya berpengaruh pada kesehatan jantung dan janin, tapi juga berpengaruh terhadap kesehatan kulit termasuk kulit wajah. Asap rokok mengandung partikel-partikel halus yang sifatnya berbahaya bagi wajah. Terpaan asap rokok terus menerus bisa membuat wajah kamu tidak bersih sehingga muncullah komedo maupun jerawat.

10. Kafein

Kenali 15 penyebab munculnya komedo

foto: duniakebidanan

Kafein mampu merangsang kelenjar keringat untuk memproduksi minyak berkali-kali lipat dari biasanya. Jika produksi minyak meningkat, minyak di wajah pun ikut meningkat dan bisa menyebabkan munculnya komedo jahat.

11. Alkohol

Kenali 15 penyebab munculnya komedo

foto:beobachter.ch

Alkohol yang terkandung dalam minuman berakohol bisa berpengaruh pada kesehatan kulit, terutama kulit wajah.

12. Kurang air putih

Kenali 15 penyebab munculnya komedo

foto: topik9.com

Air putih punya segudang manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. salah satunya adalah untuk kesehatan kulit. Mengonsumsi air putih yang cukup mampu membantu melembapkan kulit secara alami, sehingga lebih sehat dan mengurangi risiko munculnya komedo.

13. Stres

Kenali 15 penyebab munculnya komedo

foto: img2.timeinc.net

Saat stres melanda kamu sering mengabaikan perawatan untuk diri sendiri. Makanya kamu lupa membersihkan wajah dan makan yang nggak teratur. oleh karena itu komedo mudah sekali menyerang kamu ketika stres.

14. Hormon yang tidak stabil

Kenali 15 penyebab munculnya komedo

foto: theperiodvitamin.com

Hormon yang tidak stabil pada manusia berakibat pada banyak hal. Salah satunya dengan kesehatan kulit wajah. Jika hormonmu sering berubah-rubah komedo akan rentan mucul di wajah mulusmu.

15. Produksi minyak berlebih

Kenali 15 penyebab munculnya komedo

foto: produkkecantikan.net

Setiap orang juga memiliki produksi minyak di wajah yang berbeda-beda. Orang dengan kulit wajah berminyak cenderung akan mudah muncul komedo di wajah mereka di banding kamu yang memiliki kulit lebih lembap atau kering.

RECOMMENDED BY EDITOR