Brilio.net - Kamu mungkin sudah pernah mencoba nonton bioskop dengan sensasi 3 Dimensi, dan mungkin bahkan pernah juga menikmati bioskop 4 Dimensi dengan tambahan gerak. Tapi kali ini bioskop dengan teknologi yang lebih canggih lagi, yang barangkali akan segera hadir di Indonesia, yakni bioskop 9 Dimensi. Teknologi bioskop 9 Dimensi bakal menyajikan pengalaman yang sangat menakjubkan, seolah-olah kita terlibat langsung dengan film yang ada.

Sebenarnya perbedaan teknologi 2D, 3D, 4D dan 9D adalah berdasarkan komposisi pengalaman yang ditawarkan yang bakal dirasakan penonton. Pada teknologi 2D pengalaman yang ditawarkan berupa Audio dan Video. Pada teknologi 3D pengalaman yang ditawarkan berupa Audio, Video dalam tampilan 2 proyektor sehingga gambar seakan-akan keluar dari layarnya.

Pada teknologi 4D pengalaman yang ditawarkan berupa Audio, Video dalam tampilan 2 proyektor, dan gerak yang dihasilkan kursi penonton. Nah pada teknologi 9D, pengalaman yang ditawarkan berupa Audio, Video dalam tampilan 2 proyektor, gerak yang dihasilkan kursi penonton, ditambah 4 sentuhan sekaligus yakni angin, asap, hujan, salju, dan bau.

Sebenarnya ada beberapa perbedaan dalam penamaan teknologi ini. Di beberapa negara Eropa ada bioskop yang mengusung teknologi 5D, 6D, 7D dan 8D. Selisih angka tersebut menunjukkan jumlah tawaran sentuhan pengalaman yang ditawarkan. Namun terkait penaman 9 Dimensi ada indikasi menggunakan istilah pemasaran.

Karena pada dasarnya teknologi 5D juga menawarakan sentuhan pengalaman yang sama, yakni pengalaman langsung (real experiences). Hanya saja, pengalaman langsung (real experiences) itu dipecah menjadi empat bagian yaitu angin, asap, hujan, salju, dan bau.

Penasaran pengen lihat seperti apa sensasinya, berikut ini brilio.net tampilkan videonya. Lihat ya:



Ini penjelasan fiturnya secara lebih lengkap:



Beberapa kota besar Eropa sudah mengadopsi teknologi ini. Namun di Selandir Baru sudah ada di beberapa kota. Bioskop yang pertama ada di Dunedin, Selandia Baru. Kita tunggu saja kehadirannya di negara kita tercinta, Indonesia.