Brilio.net - Pengalaman yang paling menggemaskan adalah ketika lupa menaruh kunci motor. Apalagi saat kamu buru-buru mau pergi. Kamu harus mengitari seluruh bagian rumah demi menemukan kunci motor. Setidaknya kamu butuh waktu 15 menit untuk menemukan benda ajaib tersebut. Sebenarnya apa sih penyebab dari kejadian yang bikin emosi ini?

Penelitian tentang fenomena tersebut sudah diteliti oleh banyak ahli psikologi dikutip oleh brilio.net dari Wall Street Journal, Selasa (12/5). Seorang psikolog asal Universitas Harvard, Daniel L Schacter mengungkap bahwa orang sering lupa menaruh barang-barang seperti dompet atau kunci motor disebabkan oleh ketidakselaran antara perhatian dan ingatan mereka. Hal ini terjadi ketika otak kebingungan antara harus mengingat kunci tersebut (segi psikis) atau mencari letak benda tersebut (segi fisik).

Studi lain mengatakan bahwa kejadian ini ada hubungannya antara lupa dan distraksi. Seorang peneliti, Sebastian Markett asal Jerman mengungkap bahwa fenomena lupa menaruh kunci motor ini disebabkan oleh gen pembawa. Berdasarkan surveinya, orang yang memiliki gen reseptor dopamin D2 (DRD2) memiliki tingkat kelupaan mencapai 75%. Artinya, jika memang penyebabnya gen, kamu tidak bisa berbuat apa-apa.

Tetapi kamu harus tenang meskipun sering mengalami hal ini. Fenomena ini bukan pertanda serius bahwa kamu akan terserang Alzheimer atau demensia. Memang ingatan seseorang cenderung menurun seiring bertambahnya usia. Jadi, tenang aja meski kejadian ini begitu menggemaskan.

Coba cek deh sekarang, kunci motor atau kunci mobilmu ada dimana hayo?

Loading...