Brilio.net - Kamu mudah mewek ketimbang teman-teman kamu yang lain? Oke, mungkin jawaban paling umum yang akan kamu dapatkan adalah kamu orang sensitif. Namun jangan baper dulu, karena ternyata soal orang yang gampang nangis ini sudah ada penelitiannya. Nggak percaya?

Dikutip brilio.net dari Woman's Day, Rabu (11/11), para ahli menunjukkan ada berbagai faktor penyebab kamu mudah banget mengucurkan air mata. Pertama adalah jenis kelamin, dan kedua adalah terkait trauma masa lalu.

Menurut mereka, pria cenderung menghindari menangis, karena anggapan yang telah tertanam kuat dalam pikiran mereka adalah pria nggak sepatutnya menangis. Sementara itu, memang benar beberapa perempuan lebih rentan menangis. Faktor-faktor lain yang mungkin saja ikut berpengaruh adalah termasuk pil KB dan fluktuasi hormon yang dapat terjadi saat mendekati masa menopause.

Alasan yang nggak mengherankan kenapa kamu mudah mengeluarkan air mata adalah kurangnya waktu tidur berkualitas yang menyebabkan stres meningkat.

Namun begitu, kamu juga nggak perlu khawatir menjadi orang yang lebih mudah mengeluarkan air mata ketimbang yang lainnya. Menurut artikel dalam Health.com, sebuah studi menunjukkan bahwa menangis memiliki dampak menenangkan dan meningkatkan suasana hati positif.

Tapi kalau kamu menangis tanpa alasan jelas dan perasaan kacau tapi nggak bisa mengurai penyebabnya, sebaiknya kamu datang kepada orang yang tepat, atau sekalian saja datang ke psikolog untuk menemukan solusinya. Sebab, ditakutkan kamu sedang mengalami depresi yang kamu sendiri tak menyadari. Wah, gawat juga ya?

Well, jangan lupa bahagia, guys. Menangis juga ada yang disebabkan rasa bahagia, ya kan?