Brilio.net -Sekalipun cuka banyak manfaatnya, kamu bisa cek di artikel "Jangan sepelekan cuka, ternyata punya 10 manfaat ampuh lainnya", namun juga jangan serta-merta memanfaatkannya untuk beberapa benda di rumah.

Mau tahu apa saja benda itu dan alasan tak boleh pakai cuka? Berikut penjelasannya seperti dikutip brilio.net dari laman Good Housekeeping, Minggu (21/6).

1. Batu granit dan marmer
"Asam dalam cuka dapat menggores batu alam," kata Carolyn Forte, direktur Rumah Tangga dan Produk Kebersihan laboratorium di Good Housekeeping Research Institute. Kamu bisa menggunakan deterjen cair lembut dan air hangat sebagai gantinya.

2. Lantai ubin
Sama seperti poin 1, lantai ubin tidak bisa dibersihkan dengan bahan mengandung asam, baik cuka maupun lemon. Kamu juga harus menghindari amonia. Cukup bersihkan dengan sabun khusus batu atau detergen bercampur air hangat.

3. Noda telur atau tumpahan
Ketika benda-benda di sekitarmu terkena pecahan telur, jangan gunakan cuka untuk membersihkannya. Sama ketika seperti kamu merebus telur, keasaman dapat menyebabkan pengentalan sehingga kalau telur itu tumpah, maka akan sulit dibersihkan.

4. Perkakas besi
Forte menyatakan bahwa cuka dapat merusak bagian-bagian internal besi. Jadi, jangan tuangkan cuka untuk menyegarkan apalagi membersihkannya. Untuk membersihkan benda-benda bersih, seperti setrika, lebih baik ikuti petunjuk dari produsen yang biasanya tertera di kemasannya.

5. Lantai kayu
Tak jarang lantai kayu atau benda-benda berbahan kayu bila dibersihkan dengan cuka justru menimbulkan kerusakan. Nah, lebih baik kamu menggunakan pembersih khusus untuk benda berbahan kayu. Kalaupun kamu tetap ingin menggunakan cuka, selalu encerkan dulu dengan air dan uji coba dulu ke sebagian kecil benda berbahan kayu sebelum memberlakukan untuk seluruh benda-bendamu.