Brilio.net - Otak kita telah terdikte bahwa obat kepedasan adalah air putih. Wajar saja, secara tidak sengaja kita langsung menenggak segelas atau dua gelas air putih untuk menghilangkan rasa pedas di mulut. Kenyataannya? Rasa pedas itu masih saja terasa. Percuma saja kan minum air sampai kembung tapi masih saja kepedasan?

Secara ilmiah, air memang tidak bisa menghilangkan rasa pedas di mulut. Penjelasan seperti ini diungkapkan oleh profesi kimia dari Cincinnati University, Ohio, Amerika Serikat, Christopher Gulgas. Sang ahli menjelaskan bahwa kandungan capsaicin pada cabai tidak bisa dihilangkan dengan air, sebagaimana dikutip oleh brilio.net dari Men's Health, Jumat (8/1).

Jangan minum air putih saat kepedasan, ini alasannya

Jadi solusinya apa? Untuk menghilangkan rasa pedas kamu cukup mengunyah es batu. Solusi ini diberikan oleh Gulgas untuk menggantikan air putih. Efek dinginnya ternyata bisa menghilangkan efek dari capsaicin itu sendiri untuk mengusir rasa pedas.

Jangan minum air putih saat kepedasan, ini alasannya

Memang solusi ini susah bagi kamu yang memiliki gigi sensitif. Tapi tenang, ada alternatif lain yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan efek kepedasan. Kunyahlah roti tawar karena makanan ini bisa menyerap molekul capsaicin di lidah kamu.

Selain roti, kamu juga bisa menghilangkan kepedasan dengan minum segelas susu. Kandungan protein dalam susu ternyata mampu mengikat capsaicin. Langsung deh kamu tidak kepedasan lagi.