Brilio.net - Memiliki tubuh gemuk itu bisa jadi bencana buat sebagian orang. Makanya, berbagai cara dilakukan banyak orang, terutama cewek-cewek supaya bisa memiliki tubuh yang ideal.

Sudah coba banyak cara mulai dari diet keras, olahraga, memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh, tapi tetap nggak kurus-kurus. Hmm, mungkin kamu perlu perhatikan cara makanmu.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Osaka University, Jepang, yang dimuat dalam British Medical Journal, kebiasaan makan dengan cepat berpeluang menambah berat badan tiga kali lebih banyak dibanding orang yang makan dengan tempo yang lambat.

Penelitian ini dilakukan terhadap 3.000 orang untuk mengetahui bagaimana cara mereka makan. Hasilnya, sebanyak 84 persen mengalami kenaikan berat badan yang cukup drastis karena cara makan yang terlalu cepat.

Dilansir brilio.net dari Growyouthful.com, Jumat (10/4), tubuh manusia itu memerlukan waktu sekitar 20 menit agar dapat mengirimkan sinyal kenyang ke otak. Jika terbiasa makan dengan cepat, kamu akan cenderung untuk makan lebih banyak sebelum sinyal kenyang itu sampai ke otak.

Para peneliti menyarankan untuk memakan secara perlahan dan tidak terburu-buru. Kamu juga harus membiasakan untuk minum air sebelum makan. Hal ini dapat membuat tubuh lebih kenyang sehingga mengonsumsi makan dengan porsi yang sedikit.

Penelitian ini juga menyebutkan, orang yang makan dengan cepat juga akan cenderung terus makan hingga mereka merasa benar-benar kenyang.

Kalau cara makanmu selama ini gimana hayo?