Brilio.net - Menggunakan sepatu yang bagus itu menyenangkan. Bahkan kata beberapa orang pintar, menggunakan sepatu yang baik ternyata bisa mengantarkan kamu ke tempat-tempat indah dan menakjubkan yang bahkan nggak pernah kamu sangka-sangka sebelumnya.

Setuju? Eits, ntar dulu. Sepatu sih boleh bagus tapi kalau bikin kaki jadi bau? Ketimbang menyemprot parfum yang bikin bakteri malah semakin berkembang biak, ada cara praktis dan murah yang bisa kamu gunakan untuk mengusir bau kaki.

Dilansir brilio.net dri Body and Soul, Minggu (5/7), bau kaki yang membandel bisa kamu hilangkan dengan teh celup sisa. Hah? Memangnya ngefek?

Penyebab utama bau pada kaki adalah karena kondisi kaki yang lembab. Nah kondisi ini justru bikin bakteri jadi betah banget sehingga membuatnya bertumbuh lebih banyak.

Bakteri-bakteri inilah yang akhirnya melepaskan senyawa-senyawa yang membuat bau pada kakimu. Menurut Rosemary Lester, kaki manusia memiliki 250 ribu kelenjar keringat yang bisa menghasilkan sekitar 500 milimeter atau satu cangkir keringat setiap harinya.

Loading...

Ditambahkan Lester, bakteri paling suka berkembang biak di daerah antara jari kaki makanya nggak heran kan kalau ada orang yang memiliki kaki bau, pasti suka dibilangin bau jempol. Bakteri ini bahkan bisa menghasilkan bau yang sama dengan produksi keju.

Untuk mengusir bakteri-bakteri penghasil bau pada kaki, kamu bisa merendam kakimu dalam air hangat yang sudah dicelupkan dengan 2 bungkus teh celup sisa.

Kamu juga bisa mencampurkannya dengan cuka dapur yang berfungsi sebagai desinfektan sehingga mampu "berperang" melawan pertumbuhan bakteri serta mengurangi bau yang muncul. Jangan lupa untuk melakukannya secara rutin ya? Mau pakai sepatu apa saja, kaki jadi bebas bau deh!