Brilio.net - Timing atau pengaturan waktu adalah persoalan serius dalam hidup. Saat kamu mengerjakan tugas dalam waktu yang tepat, maka hasilnya pun akan maksimal. Tapi kapankah waktu yang tepat untuk melakukan sebuah hal? Berikut adalah panduan waktu yang tepat untuk melakukan aktivitas dikutip brilio.net dari Daily Record, Senin (1/6).

1. Mengerjakan tugas berat
Agar tugas beratmu cepat kelar, selesaikanlah di jam antara 8-9 pagi. Dalam waktu tersebut, hormon cortisol sedang berada pada posisi puncak. Hormon cortisol dihasilkan karena tekanan dan stres. Penyebabnya, tubuh kamu akan mengalami kenaikan gula darah yang tinggi. Alhasil, energimu bisa difokuskan untuk menyelesaikan tugas berat. Pendapat ini didasarkan dari penuturan dari professor Simon Folkard, seorang akademisi untuk Body Rhytms Centre Universitas Wales, Inggris.

2. Berbelanja
Musim diskon dan sale bukanlah waktu yang tepat untuk berbelanja. Jika kamu ingin shopping, pergilah antara jam 10-11 pagi. Performa sinapsis (saraf penghubung) pada otak lebih produktif setelah kamu melakukan aktivitas. Selain itu, pada jam tersebut kondisi perutmu belum terlalu lapar. Sehingga, keputusan untuk membeli barang jauh dari kata salah. Saran ini disampaikan oleh seorang psikolog asal Glasgow University, Stephany Biello.

3. Nego kenaikan gaji
Sebagai karyawan, selain bonus akhir tahun, kenaikan gaji juga persoalan penting. Jika kamu ingin ngelobi bos untuk naik gaji, lakukanlah sekitar jam 11-12 siang. Pada jangka waktu tersebut, bosmu sedang dalam keadaan yang prima. Kemungkinan keberhasilan untuk nego naik gaji sangat tinggi. Jangan sampai kamu melakukan hal ini saat sudah terlalu siang atau sore saat si bos sudah capai.

4. Waktu yang tepat olahraga
Berdasarkan riset dari California's San Jose University, koordinasi mata dan tangan sangat bagus pada jam 5-6 sore. Gunakanlah waktu tersebut untuk berolahraga karena suhu tubuh rendah saat menjelang malam hari. Selain itu, 80% dari rekor olimpiade juga dipecahkan pada jam tersebut.

5. Tidur
Tidurlah mulai jam 10 atau 11 malam. Pada jam tersebut, detak jantung, suhu tubuh, dan hormon stres sedang dalam kondisi menurun. Lebih baik jika kamu juga memantikan lampu saat akan tidur. Hal ini bisa memaksimalkan produksi melatonnin. Saran ini diambil dari ahli untuk Sleep Centre, Loughborough University, Jim Horne.

6. Berobat ke dokter gigi
Saat kamu ingin cabut gigi, sebaiknya membuatlah janji dengan dokter sekitar jam 3 atau 4 sore. Alasannya adalah, obat bius bisa bertahan lebih lama saat disuntikkan pada sore hari. Hal ini dikui oleh British Dental Association, Inggris.