Brilio.net - Salah satu identitas anak sekolah adalah seragam. Mulai dari taman kanak-kanak hinga SMA, kita selalu memakai seragam untuk belajar di sekolah. Memang tidak banyak negara yang mewajibkan murid sekolah untuk memakai seragam. Akan tetapi, Indonesia menerapkan sistem yang berbeda. Setiap murid wajib mengenakan seragam untuk belajar di sekolah.

Tapi apa sih sebenarnya fungsi dari seragam sekolah? Berikut adalah alasan mengapa siswa wajib mengenakan seragam dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (2/5).

1. Untuk membedakan tingkatan
Fungsi yang paling mendasar dari seragam sekolah adalah untuk membedakan tingkat pendidikan. Misalnya, anak SD menggunakan seragam merah putih, SMP mengenakan biru putih, dan anak SMA tampil dengan putih abu-abu.

2. Penilaian kedisiplinan
Sekolah memang tempat untuk menguji seberapa disiplin seseorang. Salah satu penilainnya adalah melalui seragam yang dikenakan. Biasanya, seragam ini terdiri dari banyak elemen seperti ikat pinggang, topi, model baju, sepatu, kaus kaki, dan badge pada baju. Dengan melihat kelengkapan seragam, seorang bisa terlihat sifat kedisiplinannya.

3. Tingkatkan rasa persatuan
Salah satu fungsi positif dari adanya seragam adalah untuk meningkatkan rasa persatuan bangsa. Ketika sama-sama memekai seragam SMA, para remaja merasa dari satu kelompok meskipun berasal dari sekolah yang berbeda.

4. Identitas sekolah
Selain seragam reguler, sekolah juga mempunyai seragam khusus sebagai identitas sekolah. Hal ini sangat berguna saat mengikuti sebuah kompetisi atau perlombaan. Masing-masing sekolah mempunyai identitas khusus melalui seragam mereka. Hal ini juga mempermudah juri dalam menilai karena seragamnya yang berbeda-beda.

5. Menghindarkan kesenjangan sosial
Enaknya memakai seragam adalah bisa menurunkan kesenjangan antara sisiwa dari keluarga mampu dan tidak mampu. Jadi, dari semua kelas sosial memakai seragam yang sama. Bayangkan saja, jika tidak ada seragam, pasti ada siswa pergi ke sekolah layaknya model. Hal ini bisa membuat yang lain rendah diri.

6. Membentuk profesionalisme
Dengan memakai seragam, para siswa sudah diperkenalkan dengan dunia pekerjaan. Beberapa instansi di negara ini banyak yang menggunakan seragam juga. Jadi, ketika mereka memasuki dunia kerja mereka tidak kaget lagi.

7. Memberikan rasa nyaman saat belajar
Yang paling penting dengan mengenakan seragam adalah membuat kegiatan belajar menjadi nyaman. Hal ini dikarenakan model seragam yang sederhana. Jadi, selagi kamu bisa memakai seragam, nikmatilah masa-masa sekolahmu!