Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
BRILIO >> Life
Karina Ayu Pradita (brl/swh)

13 November 2015 10:44

Ini manfaat olahraga pagi, siang, dan malam bagi kesehatanmu

Olahraga paling efektif adalah pagi hari. Tetapi, siang dan malam pun bisa berolahraga..

Ini manfaat olahraga pagi, siang, dan malam bagi kesehatanmu

View Image



Brilio.net - Olahraga adalah salah satu cara untuk menjaga tubuh tetap sehat, dan bugar. Tak hanya olahraga, mengonsumsi makanan yang bergizi pun menjadi salah satu cara pula untuk menjaga agar tubuh kamu tak disambangi penyakit. Meskipun olahraga sangat baik untuk tubuh, kamu perlu memerhatikan waktu-waktu terbaik yang tepat untuk olahraga, lho.

Menurut Ari Harnawan, Personal Trainer Perigon Yogyakarta, olahraga yang paling efektif adalah dilakukan saat pagi hari. Meskipun demikian, olahraga di saat siang atau saat malam pun dapat kamu lakukan, tetapi tetap memerhatikan hal-hal yang dirasa penting, dan memerhatikan tingkat risiko cedera.

Yap! Tidak semua waktu pas untuk berolahraga. Salah-salah, kamu justru malah menjadi lelah, alih-alih bugar. Daripada kamu bingung menentukan kapan olahraga yang tepat untuk tubuhmu, lebih baik kamu ketahui terlebih dahulu perbedaan antara olah raga pagi, siang, dan malam hari berikut ini.

1. Olahraga di pagi hari

Ini manfaat olahraga pagi, siang, dan malam bagi kesehatanmu

Loading...

foto: herosupermarket.co.id

Menurut Ari, latihan pagi memiliki banyak kelebihan di antaranya; udara masih sejuk, dapat membakar lemak lebih banyak, badan pun masih segar, pembakaran kalori pun menjadi optimal sehingga dapat memberi energi yang maksimal dari metabolisme. Dan yang terpenting, olahraga di pagi hari dapat meningkatkan daya konsentrasi.

Tapi, kamu tetap harus berhati-hati ketika berolahraga dikarenakan otot-otot masih kaku setelah bangun tidur, sehingga risiko cedera meningkat. Olahraga pagi sendiri biasanya dilakukan sebelum jam kerja. Dan untuk mengurangi cedera, biasakan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu, ya.

2. Olahraga di siang hari

Ini manfaat olahraga pagi, siang, dan malam bagi kesehatanmu

foto: blackenterprise.com

Untuk olahraga siang, Ari menjelaskan bahwa ternyata olahraga siang dapat mengurangi stres pekerjaan, meningkatkan mood, dan mengurangi rasa lelah dari rutinitas, lho. Tetapi tetap berhati-hati, ya. Hanya, sisi negatifnya, olahraga siang di saat jam istirahat kantor dapat mengganggu kinerja. Sebaiknya, latihan di siang hari ini dilakukan kurang lebih 20 menit saja, diikuti asupan nutrisi yang cukup setelahnya.

3. Olahraga di malam hari

Ini manfaat olahraga pagi, siang, dan malam bagi kesehatanmu

foto: flickr.com

Kalau kamu termasuk orang yang sibuk dari pagi hingga sore hari. Kamu biasa melakukan latihan atau olahraga di malam hari. Melakukan olahraga di malam hari dapat mengurangi risiko cedera karena otot lebih fleksibel. Manfaatnya, olahraga malam dapat mengembalikan energi yang hilang setelah beraktivitas, dan setelahnya akan meningkatkan kualitas tidurmu.

Tapi yang perlu diperhatikan, jika kamu berolahraga mendekati jam tidur, kamu justru akan merasa susah tidur, karena olahraga memberi efek segar bagi tubuh. Untuk itu, baiknya berolahraga pada malam hari adalah 3 jam sebelum tidur.

Jadi, kamu mau berolahraga kapan, nih?

RECOMMENDED BY EDITOR

Pilih Reaksi Kamu



Tags

Olahraga Olahraga Ringan Manfaat Olahraga
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE