Brilio.net - Kamu suka makan permen karet? Ya, permen karet memang memiliki banyak manfaat, di antaranya mengusir bau mulut, memperkuat otot di sekitar mulut hingga membunuh waktu saat menunggu teman. Meski begitu kamu patut berhati-hati, jangan sampai saking asyiknya mengunyah, eh malah tak sengaja tertelan, waduh bahaya!

Lalu sebenarnya apa sih yang terjadi jika kamu tak sengaja menelan permen karet? Apa benar akan membuat ususmu menjadi lengket? Dilansir brilio.net dari womenhealth, Selasa (24/11), menurut Dr Gerry Mullin, profesor dari John Hopkins Hospital, Amerika Serikat, sejatinya tubuh manusia itu bisa memecah beberapa bahan pemanis dalam permen. Namun hal itu tak berlaku untuk permen karet.

Permen karet yang tidak sengaja tertelan dapat menyebabkan penyempitan di usus. Risiko yang ditimbulkan adalah membuat perut menjadi kram dan sembelit. Oleh karena itu selalu diimbau kepada pecinta permen karet untuk selalu membuangnya setelah sari manisnya hilang.

Meski begitu, beberapa penelitian menunjukkan permen karet itu sebenarnya baik untuk kesehatan. Salah satunya dengan mengunyah permen karet dapat mengaktifkan kelenjar air liur. Tak hanya itu saja, permen karet juga dapat menetralkan zat asam yang tersisa di mulut.