Brilio.net - Diskusi atau rapat terkadang menguras banyak waktu, tenaga, dan fikiran. Banyak perbedaan pendapat yang harus ditangani agar keputusan bisa segera diambil. Parahnya lagi, jika banyak peserta rapat yang pasif. Bertemu dengan golongan ini saat meeting memang bikin gemes.

Jika kamu dan tim kamu ingin lebih produktif saat diskusi, cobalah lakukan dengan berdiri, seperti dikutip brilio.net dari Social Psychological and Personality Science, Senin (1/6). Riset ini telah dilakukan oleh akademisi asal Wahsington University, Andrew Knight. Sang peneliti merekrut 214 mahasiswa yang dibagi menjadi beberapa tim dengan anggota antara tiga hingga lima orang. Kemudian setiap tim melakukan sebuah diskusi dengan durasi 30 menit. Semua interaksi kelompok tersebut direkam untuk keperluan analisa lebih lanjut.

Temuan dari riset tersebut mengungkap bahwa masing-masing anggota merasa lebih enerjik dengan posisi berdiri saat meeting. Energi positif ini didapat dari anggota lainnya yang hadir dan mengelilinginya secara fisik. Hal inilah yang memicu kreativitas mereka yang semakin tinggi.

Selain itu, posisi berdiri saat meeting juga membuat masing-masing anggota semakin produktif. Hal ini karena mereka bisa merasakan lingkungan sekitar. Seperti melakukan kontak mata, mengetahui tinggi badan orang-orang yang ada disekelilingnya, dan benar-benar melakukan interaksi sosial. Bahkan mereka juga bisa dipengaruhi oleh warna ruangan saat berdiskusi dengan posisi berdiri.