Brilio.net - Hewan dan manusia memang makhluk yang berbeda. Logis saja jika kita sebagai manusia susah untuk memahami emosi hewan yang sebenarnya. Bahkan kedekatan dengan hewan tertentu juga belum menjamin kamu bisa membaca pikiran hewan tersebut.

Tapi tenang, sekarang kamu bisa membaca apa yang sedang kucing rasakan dengan memperhatikan gerak-gerik tubuhnya. Wow!

Berikut adalah tips yang bisa kamu gunakan untuk mengorek emosi kucing, sebagaimana dikutip brilio.net dari Lifehack, Kamis (10/9):

1. Kucing yang sedang bahagia
Ada tiga penanda khusus yang bisa menggambarkan kucing sedang bahagia atau merasa rileks. Pertama, kucing yang berdiri dengan posisi ekor ke atas dengan mulut tertutup dan telinga yang tidak terlalu naik. Kedua adalah dalam posisi berbaring dengan mata agak tertutup. Sementara ekornya tidak naik dan tubuhnya terlihat rileks. Ketiga adalah kucing yang sedang duduk dengan ekor menyentuh tanah dan mulut tertutup.

2. Kucing yang merasa cemas
Jika kucingmu tiba-tiba bersembunyi, hal ini merupakan tanda besar bahwa hewan ini sedang merasa cemas dan tidak nyaman dengan lingkungan sekitar. Ciri mencolok lainnya adalah ekornya yang dikesampingkan dan menempel ke tubuhnya dalam posisi mendekam. Biasanya posisi ini disertai dengan kepala yang menunduk dan telinga agak kaku ke belakang.

3. Ketika sedang marah
Ketika bulu kucing bergerak ke atas disertai dengan mulut terbuka tandanya kucing kamu sedang tidak bahagia atau marah besar. Akan tetapi kucing yang mendekam juga bisa jadi sedang marah jika disertai dengan gerakan telinga yang agak datar atau sejajar dengan kepala.

Jadi, gampang kan memahami emosi kucing?