Brilio.net - Panas-panas minum air es? Serasa di syurga. Nggak ada yang ngalahin rasa segarnya ketika air dingin masuk ke kerongkongan.

Eitss..tapi jangan sampai keterusan. Kamu yang hobi minum air dingin, sekalipun itu cuma air putih, kayaknya mesti mengurangi atau bahkan nggak meminumnya lagi. Lho kenapa? Karena minum air dingin bisa memicu kamu terkena diabetes, lho!

Penelitian mengenai hubungan antara air dingin dengan obesitas dan diabetes ini dilakukan oleh para peneliti dari University of Arkansas. Hasil penelitian seperti dikutip brilio.net dari dailymail.com, Jumat (10/4), mengatakan bahwa orang yang meminum minuman bersuhu rendah akan mengurangi kepekaan lidahnya untuk mengecap rasa manis yang pada akhirnya mendorong mereka untuk mengonsumsi lebih banyak pemanis.

Penelitian ini dilakukan dengan memberikan minuman dingin dengan berbagai suhu kepada para relawan. Setelah itu, mereka diharuskan untuk memakan makanan manis seperti cokelat dan keju. Relawan yang memakan cokelat akan merasakan rasa manis dari cokelat menghilang, sedangkan rasa gurih pada keju tidak berubah sama sekali. Dengan pengurangan rasa manis ini, orang yang minum dingin akan mengonsumsi lebih banyak makanan manis yang secara perlahan-lahan akan membuat gua darah naik.

Loading...