Brilio.net - Ladies, berapa jumlah sahabat dekatmu saat ini? 2? 5? atau lebih? Memiliki banyak teman bisa menjadi simbol keeksisan atau kepopuleran kamu.

Namun, tahukah kamu kalau terlalu banyak memiliki sahabat dekat atau geng dalam jumlah besar malah berbahaya bagi kesehatan? Menurut Dr Brian Gillespie, Ph.D, asisten profesor dari Universitas Negeri Sonoma dalam laman Elle seperti yang dilansir brilio.net, Sabtu (24/10) menjelaskan bahwa orang-orang banyak yang berusaha mempertahankan hubungan yang lebih dekat dengan sahabat-sahabatnya akan memiliki kecenderungan stres.

"Sahabat dekat biasanya memiliki hubungan sosial yang kuat satu sama lain.  Namun, kamu juga akan stres saat mencoba dekat dengan banyak orang," tuturnya.

Memiliki hubungan dekat dengan banyak orang, memaksa kamu untuk dapat saling mengerti satu sama lain. Hal ini akan memberi dampak stres dan emosional yang tinggi lho.

Stres akan berdampak buruk bagi kesehatan mulai dari susah tidur, kelelahan , rentan penyakit sampai pada resiko jangka panjang yaitu mengganggu saluran pencernaan dan kesehatan jantung. Duhh..

Loading...

Nah, berikut ini beberapa hal yang dapat memicu stres saat memiliki lingkaran persahabatan yang luas:

1. Sulit membagi waktu

Menjalin hubungan persahabatan harus dilandasi oleh tiga hal yaitu emosional, instrumental dan kasih sayang. Bayangkan jika kamu memiliki lebih dari 5 orang sahabat dekat, kamu harus mengerti dan saling mendukung dengan sahabat-sahabatmu itu. Membutuhkan tenaga ekstra untuk bisa membaginya rata pada sahabat-sahabatmu.

Belum lagi saat harus saling curhat satu sama lain untuk urusan cinta, kamu harus bisa menjadi telinga untuk kelima sahabat-sahabatmu itu. Jangan lupakan juga kehidupan pribadimu dengan keluarga dan pasangan. Akan sulit bukan membagi waktu antara diri sendiri, keluarga, pasangan dan sahabatmu?

Hati-hati, memiliki banyak teman ternyata berbahaya bagi kesehatanmu

2. Banyak tekanan

5 orang sahabat dengan 5 kepala berbeda tentu membawa sifat dan masalah masing-masing. Ketika 2 orang sahabatmu membutuhkan bantuanmu di waktu yang sama kamu akan kesulitan memilih mana yang harus kamu dahulukan. Hal ini menyebabkan kamu merasa bermasalah dan akhirnya tertekan karena merasa menjadi sahabat yang tidak baik bagi mereka.

3. Rawan konflik

Suatu kelompok besar pertemanan tentu memiliki risiko terjadi konflik yang lebih tinggi. Beda pendapat dan masalah yang kompleks tentu akan memicu kamu menjadi stres. Belum lagi tuntutan untuk selalu ada untuk sahabat-sahabatmu. Seorang psikoterapist, Emily Roberts MA mengatakan bahwa mencoba menyenangkan semua orang itu hanya akan membuat kamu menderita.

Meskipun ada banyak orang yang bisa bertahan dengan sahabat-sahabat mereka yang banyak, namun Dr Brian Gillespie menyarankan bahwa sahabat dekat yang ideal itu hanya 2 atau 3 orang saja. Beberapa teman dekat yang mampu memberi dukungan emosional, dukungan untuk maju dan saling menyayangi lebih berarti dibanding mempunyai banyak kenalan namun mereka tidak memberikan apapun kepadamu.

RECOMMENDED BY EDITOR