Brilio.net - Kamu pasti tahu dong, kopi punya manfaat yang besar untuk tubuh. Tapi, kamu juga mesti tahu dampak buruk dari kopi.

Salah satunya adalah minum kopi ternyata bisa bikin kamu jadi lebih sering kencing, bahkan ngompol di celana. Hal ini disebabkan oleh kandungan kafein dalam kopi bisa menyebabkan iritasi pada kandung kemih, sehingga kamu akan mengalami urinarty incontinence (UI) atau keluarnya air seni tanpa disengaja.

Dr Alayne Markland dari University of Alabama melakukan penelitian terhadap 4.000 pria dengan memperhatikan jumlah asupan air dari makanan dan minuman yang dikonsumsinya. Hasil penelitian ini, seperti dikutip brilio.net dari laman Daily Mail, Jumat (10/4), menyimpulkan bahwa mereka yang mengonsumsi 234 miligram kafein perhari, 72 persennya memiliki risiko UI yang parah dibandingkan mereka yang mengonsumsi kafein lebih sedikit.

Jika asupan hariannya mencapai 392 miligram kafein, risiko ini bahkan bisa dua kali lebih tinggi. Perlu diketahui, rata-rata orang mengonsumsi kafein adalah sebanyak 169 miligram atau kurang dari dua cangkir kopi setiap hari.

Masih menurut Markland, yang berperan penting dalam masalah ini bukan dari jumlah cairan yang masuk, melainkan jenis dari carian tersebut. Makanya, Markland sangat menganjurkan untuk mengubah kebiasaan mengonsumsi kafein terutama buat orang yang mengalami gangguan UI.

Loading...