Brilio.net - Tak hanya manusia, hewan juga punya perasaan. Salah satu yang diteliti adalah hamster. Hewan ini ternyata juga memiliki pergeseran suasana hati dari galau hingga bahagia. Menurut sejumlah ilmuwan, kebahagiaan hamster ini bisa dilihat dari kondisi kandangnya. Peneliti dari John Moores University di Liverpool menemukan bahwa hamster yang tinggal di lingkungan dengan banyak fasilitas suasana hatinya lebih optimis.

Hamster juga punya suasana hati, fasilitas kandang sangat menentukan

Penelitan ini dilakukan dengan menggunakan 30 hamster Suriah jantan. 15 hamster ditempatkan di kandang dengan fasilitas seperti alat permainan sampai tempat tidur tambahan, sementara 15 hamster lainnya tinggal di kandang sederhana. Kedua jenis kandang juga diberikan dua tempat minum berbeda. Satunya berisi minuman pahit, sedangkan satunya minuman manis. Para peneliti, Emily Bethell dan Nicol Koyama ingin melihat apakah hamster mau mencicipi kedua jenis minuman yang berbeda.

Alhasil, hamster yang tinggal di kandang berfasilitas lebih mungkin untuk menguji air yang diberikan. Sedangkan hamster di kandang sederhana hanya mau mencoba botol yang berisi minuman manis saja.

Para peneliti mengakui bahwa mereka tidak bisa mengatakan apakah hamster dalam penelitian itu merasa bahagia di kandang yang diberi fasilitas banyak sekali pun. Peneliti juga menambahkan sulit untuk menafsirkan hewan masuk ke dalam kategori "optimis" atau "pesimis" karena tidak ada dasar referensi untuk menilai ini.

Namun, mereka menulis di Royal Society Open Science bahwa studi ini menunjukkan bahwa hamster yang tinggal di lingkungan berfasilitas membuat si hamster lebih optimis. "Catatan penting bagi pemilik hewan peliharaan untuk memastikan apakah hewan peliharaan mereka memiliki kesempatan yang cukup untuk mengekspresikan perilaku alam mereka saat di penangkaran atau di kandang. Ini meningkatkan suasana hati dan sangat penting untuk kesejahteraan mereka," tambah Emily.