Brilio.net - Saat didatangi 'tamu' bulanan, hasrat perempuan untuk bermalas-malasan semakin meningkat. Tapi kalau kamu cuma guling-guling di kamar sambil merasakan nyeri kram di perut rasanya juga bosan juga ya.

Mending kamu olahraga, udah sehat banyak manfaat lagi. Malahan, bisa membantu mengurangi gejala atau efek samping dari menstruasi. Namun, nggak semua jenis olahraga bisa dilakukan saat mens, karena olahraga yang terlalu berat malah mengganggu siklus haid.

Lalu, apa sajakah olahraga yang bisa kamu lakukan ketika menstruasi. Berikut ini ada tujuh olahraga yang bisa jadi pilihan kamu ketika sedang menstruasi, seperti yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Senin (6/4):

1. Berjalan kaki
Jenis olahraga ini paling simpel tetapi banyak manfaat dan yang penting aman dilakukan saat menstruasi. Menurut sebuah penelitian, dengan berjalan kaki sekitar 30 menit dalam 3 sampai 5 kali dalam sehari akan membuatmu terhindar dari depresi. Ketika kamu sedang menstruasi, lakukanlah jalan kaki selama 10 menit per hari untuk tetap menjaga kebugaran tubuh.

2. Lari jarak pendek
Nggak perlu memaksakan diri untuk lari keliling lapangan atau kompleks, kamu hanya perlu lari jarak pendek di sekitar rumah saja. Olahraga kardio ini dapat membuat keseimbangan hormon yang berpengaruh pada kesehatan kamu ketika sedang menstruasi. Kamu disarankan untuk melakukan olahraga dengan lari jarak pendek karena ketika menstruasi kadar estrogen di dalam tubuh anda akan menurun sehingga akan meningkatkan penghancuran glikogen sebagai sumber utama energi.

3. Aerobik
Melakukan olahraga dengan musik bisa jadi alternatif untuk melakukan senam aerobik ketika sedang menstruasi. Aerobik ringan selama 20 menit akan menambah energi tubuh sebesar 20% serta meningkatkan kadar norepenephrine dan dopamin, plus melepaskan hormon endorfin yang berguna memerangi bad mood yang terkadang naik turun karena gejala PMS. Selain itu senam aerobik juga baik, sebab tidak terlalu membebani tubuh dan seringkali tujuan aerobik adalah untuk kesenangan.

4. Yoga
Buat kamu yang sering mengalami nyeri saat menstruasi, lakukanlah yoga. Karena teknik-teknik dalam yoga bisa ampuh untuk mengusir rasa nyeri. Gerakan yoga yang sederhana saja sudah membantu melancarkan aliran darah dan oksigen ke seluruh tubuh sehingga menenangkan sistem saraf.

Greg Justice, penulis Mind Your Own Fitness, mengatakan, yoga adalah olahraga yang baik terutama untuk meredakan stres akibat PMS (pre menstrual syndrome). "Tapi jangan lakukan gerakan yoga dengan posisi kepala di bawah. Ada sebuah teori yang disebut 'vascular congestion', yang akan membuat darah yang keluar menjadi berlebihan," ungkap Justice.

5. Pilates
Tahu nggak sih kalau ternyata pilates selain ampuh membuat tubuh kencang dan ideal, juga bisa memberikan manfaat untuk kamu yang ingin berolahraga ketika sedang menstruasi. Banyak gerakan pilates yang membutuhkan penggunaan otot-otot dasar panggul. Latihan otot-otot dasar panggul ini bisa mengurangi gejala-gejala menstruasi. Pilates mudah dilakukan oleh siapa saja tinggal disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan kamu.

6. Menari
Menari juga bisa dianggap aktivitas olahraga karena menari dengan gerakan yang energik akan membuat tubuh berkeringat. Menari adalah cara berkeringat yang menyenangkan. Ketika sedang menstruasi, mood mudah sekali berubah drastis. Jadi kalau lagi bad mood, menari saja. Tujuannya adalah agar mood kamu kembali baik.

7. Planking
Malas untuk bergerak terlalu banyak? Coba saja alternatif olahraga yang satu ini. Planking namanya. Kamu cuma perlu memposisikan tubuh seperti selembar papan dengan berbaring tengkurap di lantai, meletakkan lengan dan siku di bagian depan dada. Kemudian mengangkat tubuh hanya dengan menggunakan tangan dan ujung kaki. Tahan posisi ini hingga beberapa menit.