Brilio.net - Tiap hari pasti ada saja produk android yang beredar di pasaran. Dari mulai yang bentuknya cantik sampai yang punya fitur segudang. Bosen sama handphone (HP) yang lama, ya tinggal diganti baru.

Biasanya sih sebelum dijual kita akan mereset smartphone supaya data-data kita nggak disalahgunakan oleh orang lain. Aman deh! Eh tapi yakin aman? Nggak tuh! Factory reset ternyata nggak bikin data-data kamu terhapus semuanya, nah lho!

Fakta mengejutkan ini didapat berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh seorang peneliti dari Cambridge University, seperti dikutip brilio.net dari GSMArena, Senin (25/5). Menurutnya, fitur reset tersebut tidak bekerja sebagaimana seharusnya. Data-data seperti foto, video, sms, email, dan kontak yang tersimpan pada aplikasi pihak ketiga yang seharusnya terhapus ternyata masih tetap tersimpan.

Penelitian ini dilakukan dengan menguji sekitar 21 unit smartphone dari berbagai produsen yang menggunakan sistem operasi android mulai dari Gingerbread sampai Jelly Bean 4.3. Sedang versi diatasnya yaitu Kitkat maupun Lollipop tidak diketahui apakah bekerja sempurna atau tidak karena tidak diikutsertakan dalam pengujian.

Untuk itu, kamu yang berniat menjual atau mengganti smartphone androidmu, kudu hati-hati banget ya? Pastikan dulu deh sudah benar-benar terhapus supaya nggak terjadi hal-hal yang nggak diinginkan.

Loading...