Brilio.net - Makanan tak dapat dipisahkan dari hidup manusia. Meski begitu, tidak semua jenis makanan dikonsumsi. Banyak orang yang tidak menyukai jenis makanan tertentu dengan berbagai alasan. Padahal, banyak di antara makanan yang tidak disukai itu ternyata tersimpan berbagai manfaat untuk tubuh kita. Selain menyehatkan, beberapa juga bermanfaat untuk kecantikan.

Ingin tahu makanan apa saja yang memiliki segudang manfaat bagi tubuh kita tapi kebanyakan orang tidak menyukainya? Berikut yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (22/9).

1. Seledri

Dipandang sebelah mata & tak disukai, makanan ini justru kaya manfaat

Sayuran berwarna hijau dan memiliki rasa pahit ini tidak begitu disukai oleh beberapa kalangan. Meskipun rasanya cenderung pahit dan tidak enak, ternyata seledri bisa diolah dengan cara dibuat sebagai jus atau campurkan dengan sayuran lain untuk membuat salad. Seledri merupakan sahabat untuk masakan berkuah, karena aromanya yang khas menambah kelezatan pada masakan.

Loading...

Seledri mempunyai manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh manusia. Seledri mengandung vitamin K dalam jumlah besar, luteolin-zat flavonoid, kalori, serat non larut, vitamin A, asam folat, riboflavin, niasin, dan vitamin C. Manfaat seledri di antaranya baik untuk dinding lambung dan saluran usus, memperlambat proses penuaan (menjaga kemudaan sel), menjaga kelenturan dan aktivitas otot, mengobati asma, mengobati diabetes, membantu melarutkan kalsium dalam tubuh, melancarkan aliran darah, menetralkan asam tubuh, melindungi otak dan sistem saraf, mengobati arthritis, mengobati neuritis, mengobati rematik, menurunkan tekanan darah dan menjaga berat badan. Seledri juga merupakan makanan yang dapat meningkatkan fungsi otak. Kandungan yang ada dalam seledri bisa mencegah migrain, membantu menghilangkan kecemasan dan membantu proses berpikir.

2. Kedelai

Dipandang sebelah mata & tak disukai, makanan ini justru kaya manfaat

Selama ini kita mengenal kedelai sebagai bahan dasar dari olahan tahu dan tempe. Ternyata kedelai memiliki kandungan tinggi vitamin B1 dan lesitin yang membantu komunikasi antar sel-sel otak sehingga mempercepat pemrosesan informasi. Jadi, tak ada salahnya untuk mulai mencoba untuk mengkonsumsi susu kedelai setidaknya dua gelas per hari atau konsumsi setidaknya 100 gram kedelai setiap hari.

Susu kedelai juga bagus untuk yang sedang menjalankan diet karena susu kedelai rendah lemak, namun tinggi protein. Kacang kedelai sangat direkomendasikan untuk para penderita diabetes karena kacang kedelai mampu mengurangi jumlah gula darah dalam tubuh. Dalam kacang kedelai terdapat vitamin A, vitamin B dan vitamin C yang sangat bagus untuk pertumbuhan karena mampu menyehatkan tulang dan bahkan bisa mencegah tulang keropos sejak dini. Selain itu dalam kedelai terdapat kandungan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker dan memiliki zat isoflavon yang baik untuk pertahanan tubuh. Bagi penderita anemia juga sangat disarankan untuk mengonsunsi kedelai untuk menormalkan kembali tekanan darah dengan adanya kandungan vitamin B12 yang mampu mengatasi tekanan darah rendah.

3. Pala

Dipandang sebelah mata & tak disukai, makanan ini justru kaya manfaat

Pala yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan ternyata juga dapat meningkatkan daya konsentrasi dan kinerja otak. Cita rasanya yang pedas membuat sebagian dari kita tidak begitu suka mengonsumsinya. Padahal, pala mengandung minyak esensial yang dapat membantu seseorang memperoleh kesegaran dan suasana hati yang baik.

Tak hanya untuk kesehatan, pala juga memiliki beberapa manfaat untuk kecantikan. Antara lain masker pala berkhasiat untuk menghilangkan flek hitam dan noda bekas jerawat, menjaga kelembapan kulit wajah, dan mencegah kembalinya komedo. Jadi, tak perlu lagi sering-sering perawatan ke salon kan cantik.

4. Kemangi

Dipandang sebelah mata & tak disukai, makanan ini justru kaya manfaat

Siapa tahu kalau ternyata daun kemangi sangat baik untuk otak. Daun yang biasa dijadikan teman lalapan ini memiliki minyak esensial yang dapat membantu untuk menghilangkan rasa khawatir, bad mood, kecemasan, juga dapat meningkatkan daya konsentrasi. Vitamin A dalam daun kemangi memiliki kemampuan untuk mengobati infeksi mata, meredakan mata yang stres, dan mencegah gangguan pada mata lainnya. Bukan cuma itu, selain daun mint, kemangi pun punya efek menyegarkan bau mulut jika dikonsumsi.

Kemangi juga termasuk sumber kalsium yang dibutuhkan tulang untuk mencegah osteoporosis. Kandungan zat triptofan pada daun kemangi bisa menunda monopause. Oleh karena itu, perbanyaklah konsumsi kemangi jika ingin menunda massa menopouse. Bagi para perokok, bisa mencoba mulai dari sekarang untuk menguyah daun kemangi kapan saja ketika ingin merokok. Dengan begitu, kandungan zat antioksidan dalam kemangi mampu memperbaiki sistem yang rusak akibat efek nikotin. Kemangi juga ampuh meredakan stres, mencegah diabetes, dan mengatasi batu ginjal.

5. Kubis

Dipandang sebelah mata & tak disukai, makanan ini justru kaya manfaat

Bagi sebagian orang, kubis dirasa tidak bermanfaat. Sayuran yang biasa disajikan sebagai teman lalapan ini ternyata sangat bermanfaat untuk ginjal. Kubis dapat meningkatkan fungsi ginjal dan dapat digunakan sebagai obat alami untuk menyehatkan ginjal. Selain itu kubis juga mengandung glutamine yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh.

Kubis juga mengadung berbagai nutrisi yang baik termasuk antioksidan yang dapat mencegah kanker dan penuaan dini. Masker kubis bermanfaat untuk mengatasi kulit kering. Kandungan vitamin serta mineral juga fakta bahwa kubis adalah sayuran rendah kalori menjadikannya cocok sebagai alternatif makanan yang efektif untuk program penurunan berat badan secara alami.

6. Asparagus

Dipandang sebelah mata & tak disukai, makanan ini justru kaya manfaat

Mungkin masih banyak di antara kamu yang belum mengenal asparagus. Sayuran hijau ini nyatanya adalah salah satu diuretik (makanan yang menbuat pembuangan urine menjadi lancar) alami. Selain itu, ekstrak asparagus sangat bermanfaat untuk menyingkirkan efek mabuk alkohol serta melindungi sel-sel hati dari racun alkohol sehingga bagus untuk detoksifikasi hati.

Bagi yang memiliki kadar gula darah yang cenderung tinggi, sebaiknya secara teratur mengkonsumsi asparagus. Hal ini karena di dalam asparagus mengandung vitamin B6 yang dapat membantu menstabilkan gula darah di dalam tubuh. Selain itu asparagus juga bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan dan membantu mengatasi sindrom pramenstruasi.

7. Ubi jalar

Dipandang sebelah mata & tak disukai, makanan ini justru kaya manfaat

Makanan yang sering dikaitkan dengan masyarakat pedesaan ini ternyata bermanfaat bagi kulit. Ubi jalar adalah salah satu sumber makanan yang mengandung beta-karoten yang kemudian akan diubah menjadi vitamin A oleh tubuh. Vitamin A sendiri bermanfaat agar kulit tetap sehat dan kuat dengan memproduksi jaringan ikat yang merupakan komponen kunci dari kulit.

Selain vitamin A, ubi jalar juga mengandung vitamin C, serat, mangan dan kalium yang kesemuanya baik untuk kesehatan mata. Ubi juga merupakan sumber vitamin D sebagai nutrisi yang baik untuk kekebalan tubuh, energi, dan pertumbuhan tulang. Ubi juga baik untuk kesehatan jantung karena tinggi kalium dan vitamin B6. Ubi jalar juga dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi serta mengurangsi resiko penyakit kardiovaskular.

8. Jengkol

Dipandang sebelah mata & tak disukai, makanan ini justru kaya manfaat

Makanan yang diidentikkan dengan bau mulut ini ternyata memiliki manfaat yang tidak sedikit. Selain memiliki kandungan protein tinggi yang bagus untuk pembentukan jaringan tubuh, jengkol juga bisa mencegah anemia. Kandungan zat besi yang ada dalam jengkol sangat berperan untuk mencegah dan mengatasi kurangnya produksi sel darh merah dalam tubuh. Jengkol juga memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang baik untuk mencegah osteoporosis. Kandungan serat yang terdapat pada jengkol juga bisa membantu melancarkan BAB. Selain itu kandungan vitamin A, B1, B2, dan vitamin C dalam jengkol berperan sebagai zat antioksidan yang ampuh untuk menagkal radikal bebas penyebab kanker.

9. Kuaci

Dipandang sebelah mata & tak disukai, makanan ini justru kaya manfaat

Walaupun bentuknya kecil dan sedikit merepotkan untuk menikmatinya, ternyata kuaci memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Karena kuaci memiliki kandungan seperti mineral mangan, fosfor, selenium, kalium, kalsium , natrium, magnesium, tembaga, dan vitamin E.

Manfaatnya sebagai pencegah kanker, detoksifikasi, mengurangi asma, osteoarthritis, kanker usus besar, diabetes, kolesterol, meredakan nyeri sendi, mencegah penyakit jantung, dan sebagai obat penenang. Kandungan vitamin E dalam kuaci bermanfaat untuk memperbaharui sel-sel kulit yang mati dan mencegah tanda-tanda penuaan. Selain itu, kuaci juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh serta menangkal radikal bebas karena antioksidan dan vitamin C yang terdapat di dalamnya.

10. Daun singkong

Dipandang sebelah mata & tak disukai, makanan ini justru kaya manfaat

Belum banyak masyarakat yang mengetahui tentang manfaat daun singkong bagi kesehatan. Manfaat daun singkong yang pertama adalah sebagai obat untuk mengatasi penyakit stroke karena daun singkong merupakan jenis dedaunan yang banyak mengandung isoflavon. Khasiat lain daun singkong adalah sebagai peningkat daya tahan tubuh karena adanya kandungan vitamin C yang jumlahnya cukup banyak. Daun singkong juga bermanfaat untuk menyehatkan mata karena mengandung banyak vitamin A.

Selain itu daun singkong juga merupakan sayuran anti osteoporosis dengan kandungan fosfor dan kalsium yang berfungsi sebagai zat yang mampu menjaga kesehatan tulang. Kandungan serat dan zat besi pada daun singkong bermanfaat sebagai obat penyembuh luka. Selain dapat emmpercepat proses pengeringan luka, daun singkong juga dapat bermanfaat untuk meminimalisir terbentuknya bekas luka.

Jadi bagaimana guys, masih mau memandang sebelah mata makanan-makanan di atas?

RECOMMENDED BY EDITOR