Brilio.net - Sekarang ini hampir di banyak tempat dan waktu, kegiatan donor darah diselenggarakan, bukan lagi kudu datang ke kantor Palang Merah Indonesia (PMI). Kamu suka donor darah?

Selain untuk alasan kemanusiaan, donor darah juga bermanfaat bagi kesehatan diri, lho. Nggak percaya?

Sebagaimana dilansir brilio.net dari laman Bustle, Senin (23/11), sebuah studi baru menyatakan bahwa donor darah bisa membuat seseorang hidup lebih lama daripada orang yang nggak donor darah.

Studi di Denmark tersebut, yang dilakukan oleh para peneliti di Copenhagen University, awalnya ingin melihat apakah menyumbangkan darah dapat mendatangkan konsekuensi kesehatan negatif jangka panjang. Efek samping donor darah dalam jangka pendek ada, seperti pingsan, pusing, dan sebagainya, tapi semua itu segera pergi.

Nah, namun saat ingin tahu dampak negatif jangka panjang, para peneliti justru terheran-heran kenapa justru banyak jutaan pendonor darah di Swedia dan Denmark. Dan, mereka semua tidak menderita akibat donor darah, justru memiliki harapan hidup lebih besar dari yang tak donor darah.

Henrik Ullman, bagian dari tim peneliti dari Copenhagen University, mengatakan lega terhadap hasil penelitiannya dan tim. "Mengingat bahwa mereka telah menyumbangkan banyak darah bisa bertahan hidup lebih lama daripada yang tidak, jadi tidak ada bukti sesuatu yang berbahaya tentang donor darah," tegasnya.

Jadi, masih ragu donor darah? Tapi perhatikan segala aturan donor darah, ya.....