Brilio.net - Siapa yang nggak pengen punya gigi putih berkilau? Semua pasti pengen dong! Memiliki gigi putih bersih berkilau memang dambaan semua orang. Tak jarang dengan gigi yang putih bersih dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang.

Nah, sebenarnya alam sudah memberikan banyak sekali makanan yang dapat membantu membuat gigimu menjadi lebih putih. Apa saja ya? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Minggu (17/1), Buah dan sayuran yang bisa bantu gigimu lebih putih kinclong, brilio!

1. Stroberi

Buah dan sayuran ini bisa bantu gigimu lebih putih kinclong, brilio! foto: dumblittleman.com

Kandungan asam malat yang terdapat dalam buah stroberi sangat ampuh mengikis dan membersihkan noda pada permukaan gigi. Selain dimakan langsung, stroberi juga dapat dihaluskan kemudian dioleskan pada gigi.

2. Wortel

Buah dan sayuran ini bisa bantu gigimu lebih putih kinclong, brilio! foto: ordiate.com

Sayuran berwarna oranye ini memiliki permukaan yang kasar untuk membersihkan noda-noda pada gigi yang menguning. Selain itu, wortel juga mengandung zat tertentu yang merangsang produksi air liur sehingga bermanfaat membersihkan plak yang membandel pada gigi.

3. Jeruk

Buah dan sayuran ini bisa bantu gigimu lebih putih kinclong, brilio!
foto: auburndentalaesthetics.blogspot.com

Jeruk terutama kulitnya, mengandung beberapa variasi dari vitamin C yang bisa memutihkan gigi secara alami. Caranya cukup mudah, bersihkan kulit jeruk hingga  benar-benar bersih kemudian gosokkan bagian dalam kulit jeruk pada gigi untuk menghilangkan penumpukkan plak gigi dan meminimalisir munculnya karang gigi.

BACA JUGA: Tak perlu ke dokter, 5 cara tradisional ini ampuh bersihkan plak gigi

4. Brokoli

Buah dan sayuran ini bisa bantu gigimu lebih putih kinclong, brilio! foto: kkyr.com

Ketika dimakan mentah, sayuran ini secara lembut dapat menghilangkan noda di permukaan gigi. Kandungan zat besi yang ditemukan dalam brokoli juga mampu melindungi email gigi dari berbagai kerusakan sekaligus menghilangkan bakteri berbahaya pada gigi.

5. Kulit pisang

Buah dan sayuran ini bisa bantu gigimu lebih putih kinclong, brilio! foto: wikihow.com

Selain kulit jeruk, kulit pisang ternyata juga ampuh untuk membantu memutihkan gigi secara alami. Caranya gosokan kulit pisang secara merata di permukaan gigi. Lalu diamkan beberapa menit baru dibersihkan dengan cara menggosok gigi seperti biasa.

6. Daun salam

Buah dan sayuran ini bisa bantu gigimu lebih putih kinclong, brilio! foto: makeupandbeauty.com

Ramuan yang terdiri dari daun salam juga ampuh untuk memutihkan gigi. Cara penggunaannya juga sangat mudah. Daun salam dihaluskan kemudian dicampur dengan kulit jeruk yang sudah dikeringkan. Tambahkan sedikit air lalu campurkan hingga menjadi seperti pasta, dan gunakan untuk mengolesi gigi kuning yang membandel.

7. Apel

Buah dan sayuran ini bisa bantu gigimu lebih putih kinclong, brilio! foto: selfhomeremedies.com

Layaknya buah stroberi, apel juga mengandung asam malat yang membantu membersihkan noda pada gigi. Selain itu, saat kita menggigit apel secara langsung, maka plak pada gigi akan memudar dan membuat gigi lebih bersih.