Brilio.net - Bedak menjadi kebutuhan kecantikan wajah yang tak terelakkan. Kadang malah bikin bingung harus pakai bedak jenis padat atau tabur? Apa perbedaan keduanya selain dari bentuk fisik? Berbedakah tujuan bedak padat dan tabur? Efeknya apa kalau memakai bedak tabur atau bedak padat? Dan beragam pertanyaan mungkin masih berkelebatan di kepala kamu ya, ladies.

Nah, daripada bingung simak nih penjelasan singkat tentang bedak padat dan tabur, sebagaimana dilansir brilio.net dari HOWSTUFFWORKS, Jumat (30/10).

Sebenarnya, bedak padat (compact powder) maupun tabur (loose powder) memiliki fungsi dasar yang sama, yakni untuk meratakan warna kulit kamu sekaligus menyerap minyak. Tapi kalau kudu milih mana yang terbaik buat kamu, itu tergantung beberapa faktor.

Jenis kulitmu termasuk salah satu faktor yang paling dipertimbangkan dalam hal ini. Jika kamu memakai bedak di keseluruhan wajah setiap hari dan butuh itu tetap tahan lama, kamu bisa menggunakan bedak tabur melapisi foundation dan membawa bedak padat untuk sentuhan sesekali saja. Tapi jika wajahmu tipe sensitif pada beberapa produk, baiknya mengusap sesekali bedak padat sebanyak yang kamu perlukan.

Kalau kulit wajahmu kering, bedak tabur justru menunjukkan kulit keriput dan terkelupas. Sementara kalau kulitmu berminyak dan menggunakan bedak padat, riasan wajahmu akan tampak berlebihan dan terkesan lebih tua dari seharusnya.

Loading...

Nah, selanjutnya kamu perlu tahu keuntungan pakai bedak padat maupun tabur.

Bedak tabur umumnya tidak digunakan secara tunggal atau sendiri, melainkan digunakan setelah foundation, untuk mengatur riasan pada kulit dan membuat riasan bertahan lama. Tindakan ini cenderung dapat menutupi garis halus dan kerutan lebih mudah daripada menggunakan bedak padat. Selain itu, kandungan minyak bedak tabur lebih sedikit ketimbang bedak padat, jadi inilah yang terbaik untuk kulit berminyak.

Selanjutnya bedak padat. Bedak padat ini mudah dibawa ke mana-mana dan minim risiko berantakan bila dibandingkan bedak tabur. Seperti disinggung sebelumnya, bedak padat ini dapat digunakan untuk sesekali usapan ketika bedak di wajah sudah agak memudar, biasanya pada siang hari setelah kamu beberapa jam beraktivitas.

Bedak padat sendiri memiliki kandungan minyak lebih banyak ketimbang bedak tabur, yang membuatnya lebih mudah menyembunyikan noda wajah dan meratakan warna kulit kamu. Namun karena alasan inilah, riasan wajahmu tampak lebih tebal kalau wajahmu itu tipe berminyak. Nah, supaya tampak natural, kamu tidak bisa melakukan lebih baik ketimbang menggunakan bedak padat melapisi foundation cair.

Sekarang kamu sudah bisa menentukan pilih mana kan, ladies?

RECOMMENDED BY EDITOR