Brilio.net - Jam tangan tidak hanya berfungsi sebagai penanda waktu semata. Benda yang sering dipakai di pergelangan tangan ini memainkan seberapa stylishnya seseorang. Akan tetapi, yang lebih penting adalah bagaimana cara memakainya. Bukan persoalan gaya semata. Apakah selama ini kamu sudah memahami cara mengenakan jam tangan yang benar?

Berikut adalah panduan memakai jam tangan yang benar, dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (22/5):

1. Tangan kanan atau kiri?
Banyak orang yang kebingungan dimana harus memakai jam tangan. Apakah seharusnya di tangan kiri atau tangan kanan. Bahkan ada yang beranggapan bahwa biasanya cowok menggunakan jam tangan di pergelangan tangan sebelah kanan. Sedangkan untuk cewek sebaliknya. Lalu bagaimana dengan orang kidal?

Sebenarnya tidak ada aturan yang baku persoalan ini. Meskipun salah satu aliran kepercayaan membahasnya. Dalam keyakinan tersebut dinyatakan bahwa jika jam tangan digunakan sebagai penanda waktu, maka dipakai di sebelah kiri. Apabila digunakan sebagai perhiasan, maka tangan kanan adalah pilihannya.

Pendapat lain menyebutkan bahwa pada mulanya, jam tangan didesain untuk dipakai di tangan sebelah kiri. Itulah kenapa pengatur jam itu diletakkan di sisi sebelah angka tiga bukan angka sembilan. Jadi, tidak masalah apakah kamu ingin menggunakan jam tangan di sebelah kanan atau kiri.

2. Beda acara beda bahan
Jika kamu memang penyuka perhiasan yang satu ini, kamu harus lebih hati-hati. Jangan sampai kamu salah jam tangan untuk acara tertentu. Berikut adalah panduan yang bisa membuat kamu leih mudah memahaminya.

Bahan stainless steel: Bahan ini sangat bagus untuk acara resmi. Meskipun begitu kamu bisa memakai jam tangan ini ke acara kasual. Asalkan bukan untuk event outdoor atau sport.

Bahan NATO/ZULU/Nylon: Kamu bisa memakai jam tangan berbahan ini untuk acara tidak resmi alias kasual.

Bahan canvas: Untuk anak muda yang ingin terlihat kasual, lebih baik menggunakan jam tangan berbahan ini.

Bahan rubber: Jika kamu menyukai dengan dunia outdoor, sport, dan aktivitas berat, pilihan yang cocok adalah rubber. Hal ini dikarenakan bahannya yang lentur.

Bahan kulit: Bahan ini merupakan pahan paling fleksibel. Kamu bisa menggunakannya untuk acara formal maupun tidak formal.

3. Harus simpel
Jika ingin menambhkan akseori, jangan terlalu ramai. Jika ingin menambahkan gelang, pakailah satu atau dua gelang. Penyebabnya adalah jam tangan sendiri merupakan salah satu bentuk perhiasan. Jadi, jangan sampai terlalu heboh dalam memakainya.

4. Sesuai dengan ukuran tangan
Cara memakai jam tangan adalah tidak terlalu longgar dan tidak terlalu ketat. Jam tangan bukanlah gelang, jadi pilihlah yang sesuai dengan ukuran tangan kamu.

Untuk masalah ukuran jam juga harus diperhatikan. Jangan sampai ukuran jam terlalu kecil, padahal tanganmu lumayan besar. Saat membeli jam tangan, sebaiknya kamu pahami dulu ukuran tangan kamu, baru memilih ukuran jam tangan.