Brilio.net - "Si dia makannya banyak banget tapi kok nggak gemuk-gemuk ya? Lah gue ngemil dikit langsung melar," pernah mendengar kalimat keluhan seperti itu guys? Atau jangan-jangan kamu sendiri pernah mengalaminya? Ya, kejadian seperti itu memang kerap terjadi di berbagai lingkungan sosial.

Ada beberapa orang yang susah gemuk walau makan banyak. Ada pula yang sedikit makan tetapi berat badan gampang naik semena-mena. Bahkan ada pula orang yang dengan mudah menurunkan atau menaikkan berat badannya.

Hal ini disebabkan beberapa faktor, salah satunya adalah faktor tipe tubuh. Tiga tipe tubuh manusia itu terdiri dari ectomorph, mesomorph, dan endomorph. Ketiganya merupakan tipe tubuh bawaan genetik. Ketiga tipe ini akan sangat memengaruhi dalam metabolisme tubuh dalam mengolah makanan. Sehingga sangat berpengaruh pada bentuk tubuh dan berat badan seseorang.

Jika kamu menginginkan tubuh yang ideal tapi selalu gagal, nah sudah saatnya kamu mulai mencari tahu tipe tubuhmu. Sebab, jenis latihan yang sama nggak akan bekerja secara efektif untuk semua jenis tubuh.

BACA JUGA: 7 Alasan kenapa olahraga lebih baik daripada kamu melakukan diet

Loading...

Lalu seperti apa saja ketiga tipe tubuh manusia itu? Lalu bagaimana cara mensiasati latihannya? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Jumat (21/1), tiga tipe tubuh yang perlu kamu tahu. Biar nggak salah diet guys!

1. Ectomorph, si kurus langsing

Biar nggak salah diet, tiga tipe tubuh ini perlu kamu tahu lebih dulu

foto: dailymail.co.uk

Kamu pernah melihat seseorang yang makannya banyak tapi tetap kurus? Yap, ini dia si ectomorph. Ciri dari tubuh ectomorph di antaranya berbadan kurus, massa otot kecil, dan memiliki ukuran pinggang yang kecil, begitu juga dengan lebar bahu.

Tipe ectomorph memiliki kemampuan metabolisme yang tinggi. Sehingga mudah untuk membakar apa saja makanan yang dimakan. Oleh karena itu, tubuh ectomorph biasanya nggak menyimpan lemak dalam tubuh.

Jika kamu memiliki ciri-ciri tubuh seperti itu dan ingin menaikkan berat badan, berjuanglah. Karena tipe tubuh ini akan sulit menambah berat badan. Latihan angkat beban yang rutin disertai nutrisi yang cukup akan membantu tipe ini untuk menambah massa otot.

2. Mesomorph, si proporsional

Biar nggak salah diet, tiga tipe tubuh ini perlu kamu tahu lebih dulu

foto: ok.co.uk

Ciri-ciri tipe mesomorph adalah memiliki tulang bahu yang lebar namun pinggang yang kecil dan memiliki ukuran sendi tangan yang sedang. Jika kamu memiliki ciri-ciri seperti itu bersyukurlah. Karena tipe tubuhmu merupakan tipe yang ideal, nggak kurus namun nggak juga gemuk. Bahkan beberapa mesomorph cenderung sudah berotot secara alami walaupun nggak melakukan olahraga khusus seperti angkat beban.

Seseorang yang memiliki tipe tubuh ini sangat cocok jika menjadi atlit atau aktor laga. Tipe tubuh ini sangat mudah untuk dibentuk karena keseimbangan metabolisme tubuhnya.

3. Endomorph, si gemuk bulat

Biar nggak salah diet, tiga tipe tubuh ini perlu kamu tahu lebih dulu

foto: starcasm.net

Pernahkah kamu menjumpai seseorang yang mudah sekali gemuk walau hanya makan sedikit? Ya, mereka adalah orang-orang dengan tipe tubuh endomorph. Ciri dari tubuh endomorph diantaranya bentuk badan yang bulat, gemuk, ukuran paha dan pinggang yang cenderung lebar.

Endomorph memiliki metabolisme tubuh yang rendah sehingga berat badan mudah naik walau hanya makan sedikit makanan. Karenanya, tipe endomorph memiliki kandungan lemak yang tinggi dalam tubuh karena endomorph dapat menyimpan lemak dalam jumlah besar dalam tubuh.

Kamu yang memiliki tipe tubuh seperti ini dan ingin menurunkan berat badan, berjuanglah. Kamu perlu kerja keras untuk menurunkan berat badanmu. Latihan dengan menggunakan metode HIIT bisa sangat membantumu mencapai berat badan ideal. Selain itu, diet yang tepat seperti mengurangi konsumsi karbohidrat dan lemak juga sangat penting untuk tipe tubuh endomorph. BACA JUGA: Metode olahraga 15 menit ini dijamin bakar lemakmu lebih banyak

RECOMMENDED BY EDITOR