Brilio.net - Sepatu memang salah satu perlengkapan yang diperlukan untuk olahraga lari. Akan tetapi, jika kamu tidak ada budget untuk beli sepatu, lebih baik tidak usah dibikin pusing. Kamu bisa mencoba hal baru dengan berlari tanpa alas kaki. Memang kelihatannya sangat ganjil, akan tetapi berlari tanpa alas kaki memberikan efek positif ke tubuh.

Dikutip brilio.net dari Dailymail, Senin (4/5), berlari tanpa alas bisa membuat pertahanan tubuh kamu semakin prima. Pernyataan tersebut sudah dikonfirmasi oleh Dr Daniel Lieberman seorang profesor dari Harvard.

Dalam risetnya, Daniel membandingkan performa atlet yang lari menggunakan sepatu dengan yang sama sekali tidak memakai alas kaki. Dalam setiap lintasan yang dilewati, atlet bersepatu mengalami tekanan pada tumit 1.000 kali dibandingkan yang tidak. Selain itu, atlet yang tidak mengenakan sepatu juga jarang mengalami cidera saat berlari.

Gaya berlari seperti ini sebenarnya sudah menjadi bagian dari tradisi Afrika puluhan tahun yang lalu. Seorang peserta olimpiade asal Ethiopia, Abebe Bikila, memenangkan medali emas dengan lari tanpa sepatu. Kemudian hal yang sama juga dilakukan oleh atlet asal Afrika Selatan, Zola Budd.

Mungkin kamu takut mencoba hal ini karena khawatir kakimu saat menginjak tanah. Padahal, kamu bisa berlari di atas permukaan yang sulit sekalipun tanpa rasa sakit. Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

Loading...