Brilio.net - Kalau diperhatikan, sejak iPhone generasi pertama diciptakan sampai dengan iPhone 6S dan 6S Plus yang diluncurkan pada bulan September lalu, produk Apple selalu memiliki fitur khas yang selalu ada di semua lini, yaitu tombol Home yang berada persis di bawah layar.

Makanya, bisa dibilang tombol Home itu ikonik banget deh sama iPhone. Bukan iPhone namanya kalau nggak ada tombol Homenya, setuju?

Namun menurut kabar yang beredar, yang disampaikan oleh analis Pipper Jaffray yang bernama Gene Munster, seperti dikutip brilio.net dari blogs.barrons.com, Sabtu (24/10), iPhone 7 yang rencananya akan dirilis tahun depan bakal menghadirkan perubahan revolusioner di mana tombol Home yang ikonik itu akan dihilangkan.

Menurut Munster, perubahan ini diyakini bakal mampu mencuri perhatian pasar, sebab apa yang ditawarkan di iPhone 7 merupakan sebuah desain yang benar-benar baru dan unik. Lagipula, fitur 3D Touch yang digunakan pada iPhone 6S mendapat sambutan yang sangat baik dari berbagai kalangan, sehingga menghilangkan tombol Home bukanlah perkara besar bagi Apple.

Bahkan dengan menghilangkan tombol Home, Apple diyakini bakal lebih memungkinkan untuk menggunakan display yang lebih besar atau display berukuran sama namun dengan bezel yang lebih tipis dengan ukuran menyeluruh yang lebih kecil lagi.

Loading...

Namun sebagai kompensasi jika tombol Home benar-benar dihilangkan, Apple kemungkinan akan memindahkan sensor Touch ID, entah itu ke bagian samping ponsel atau ke bagian belakang seperti kebanyakan fingerprint yang ditawarkan handset Android kebanyakan. Namun dijelaskan Munster, ide ini sebenarnya masih belum jelas statusnya, bahkan bisa jadi Apple membatalkannya dan tetap mempertahankan tombol Home di iPhone 7.

Tapi yang nggak kalah penting, Apple saat ini juga berupaya keras agar konsumsi energi baterai iPhone 7 bisa jauh lebih hemat dengan penggunaan prosesor baru dan optimalisasi software. Benar atau nggaknya, kita tunggu kabar selanjutnya dari Apple saja ya?

RECOMMENDED BY EDITOR