Brilio.net - Menjadi seseorang yang bekerja dari rumah, baik sebagai pengusaha maupun freelancer, seakan menjadi tren belakangan ini. Hal ini menunjukkan pola pikir orang sudah sedikit banyak berubah bahwa bekerja bukan berarti harus datang dan duduk di sebuah gedung kantor. Kamukah salah satunya?

Nah, biar nggak bosan bekerja dari rumah, tak jarang orang menyediakan ruangan khusus untuk bekerja di salah satu bagian area rumahnya. Lalu, bagaimana biar orang tetap produktif bekerja di rumah, ya?

Dilansir brilio.net dari laman WAtoday, Senin (10/8), berikut tiga tips yang perlu kamu terapkan:

1. Atur sesuai kehendak pribadi
Pikirkan apa yang tidak kamu sukai selama kamu bekerja, yang bisa jadi menghambat produktivitasmu. Maka, hindarilah semua itu ada di ruang kerjamu. Misalnya, kamu tidak suka bekerja di ruangan yang terlalu rapi dan berkesan formal, maka kamu bisa menggantinya dengan konsep ruangan sesuai keinginanmu.

2. Praktis
Sekalipun bekerja di area rumah, tetap saja letakkan semua urusan pekerjaan dalam satu ruangan. Dengan demikian, tidak akan mengganggu urusan pribadimu yang lain di rumah, misalnya urusan berkumpul dan mengobrol dengan keluarga jangan dilakukan di ruang bekerja. Sebisa mungkin jangan campur adukkan urusan dan suasana kerja dan keluarga, supaya kamu tak pusing karenanya.

3. Pajang sesuatu yang memotivasi
Sama halnya dengan bekerja di kantoran, kamu yang bekerja di rumah pun sekali waktu akan mengalami rasa tak bersemangat. Nah, biar kembali semangat, jangan ragu memajang sesuatu yang memotivasimu. Misalnya saja, papan catatan untuk menuliskan targetmu, foto keluarga, kutipan-kutipan motivasi, dan sebagainya.

Bagaimana, guys, siapkah mempraktikkan?