Brilio.net - Ketika kamu sakit, pasti ingin cepat sembuh dari sakit apa pun yang menganggu aktivitasmu. Bener nggak? Atau kamu emang udah sering diberi antibiotik oleh keluargamu demi menjaga kesehatanmu dari ancaman flu dan batuk misalnya. Dan kamu mungkin berpikir bahwa antibiotik selalu dapat diandalkan. Tapi nih, apa pun yang mungkin kamu pikirkan, cara terbaik untuk merasa lebih baik adalah tidak melalui antibiotik. Percayalah!

Antibiotik memang berfungsi menekan perkembangan bakteri jahat dalam tubuh. Iya kalau obat yang kamu minum itu bisa melawan bakteri, tapi kalau bakteri jahat sekalipun nggak bikin kamu sakit, maka mengonsumsi antibiotik hanyalah sia-sia, atau malah menyebabkan efek negatif bagi tubuh. Nah lho, nggak mau kan udah sakit jadi tambah sakit?

"Kamu menempatkan bahan kimia ke dalam tubuh yang sebenarnya tak kamu butuhkan," kata Jeffrey Linder, seorang profesor kedokteran di Harvard Medical School, seperti yang dilansir brilio.net dari laman Men's Health, Sabtu (11/4).

"Dan, spekulasi untuk membantu kamu yang peluangnya nol itu juga memiliki kemungkinan sangat nyata untuk malah bikin sakit."

Asal minum antibiotik bisa bikin sakit kamu jadi tambah sakit, awas!

Hal tersebut terjadi karena antibiotik yang nggak diperlukan dapat menyebabkan sejumlah efek samping yang nggak menyenangkan, mulai dari kondisi ringan seperti ruam atau diare, hingga masalah serius seperti reaksi alergi atau kondisi yang berkaitan dengan usus (intestinal) yang disebut Clostridium difficile.

Ahli dari Health Protection Agency, Dame Sally Davies, menyarankan seseorang sebaiknya berhenti menggunakan antibiotik untuk mengatasi penyakit karena infeksi ringan. Misalnya untuk menyembuhkan batuk, sakit tenggorokan, sinusitis, hingga sakit telinga.

"Pasien harus berhenti menggunakan antibiotik untuk penyakit-penyakit tersebut," kata Davies, dikutip dari The Guardian, Sabtu (11/4).

Kebanyakan orang justru bisa sembuh dari penyakit-penyakit ringan tersebut tanpa perlu mengonsumsi antibiotik. Jadi sebelum kamu membuka segala jenis antibiotik, pastikan kamu benar-benar membutuhkannya ya.

Selalu jaga kesehatan ya guys!